Mohon tunggu...
Denny Yusuf
Denny Yusuf Mohon Tunggu... Lifelong learner

Ketua Yayasan www.learn-quran.co

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Learn Quran Tafsir: Aplikasi Tafsir Quran Terlengkap dengan Artificial Intelligence

22 Mei 2019   16:10 Diperbarui: 22 Mei 2019   16:48 0 0 0 Mohon Tunggu...
Learn Quran Tafsir: Aplikasi Tafsir Quran Terlengkap dengan Artificial Intelligence
Tampilan Learn Quran Tafsir | dokpri

Dari seluruh Muslim di Indonesia, hanya 50% yang dapat membaca Quran, lalu dari 50% tersebut, hanya 40% yang dapat membaca sesuai dengan hukum tajwid dan makhraj dengan baik (BAZNAS, 2013). Rasulullah sebagai tuntunan umat Islam juga bersabda[1], "Celakalah orang yang membacanya (Quran) tapi ia tidak merenungkan kandungan maknanya (menadabburinya).". Urgensi memahami Quran yang merupakan salah satu amalan Quran menjadi masalah dikarenakan literasi Quran di Indonesia masih relatif rendah di bawah 50%. Sejatinya, membaca dan mempelajari isi Quran adalah hal yang penting bagi seorang Muslim, Quran sebagai kalamullah merupakan pedoman hidup yang di dalamnya terdapat pembelajaran yang lengkap mencakup seluruh aspek kehidupan manusia. Pemahaman Quran yang baik dan menyeluruh akan menciptakan Muslim yang baik, yang bisa menjadi rahmatan lil 'alamin (dapat memberi kebaikan untuk dunia dan seisinya). 

Saat ini, media pembelajaran yang sering digunakan untuk memahami Quran biasanya melalui terjemahan ayatnya, namun hal tersebut saja belum cukup untuk benar-benar memaknai kandungan isi Quran. Pemahaman Quran secara komprehensif dapat diperoleh dengan mempelajari ilmu tafsir, ilmu yang dengannya dapat diketahui penjelasan makna dari ayat-ayat Quran sehingga bisa dikeluarkan hukum dan hikmah yang terkandung di dalamnya.

Solusi-solusi untuk mempelajari ilmu tafsir sudah banyak tersedia di masyarakat, mulai dari solusi fisik berupa buku-buku tafsir, hingga elektronik dalam bentuk aplikasi mobile atau situs yang menyediakan konten tafsir. Akan tetapi, solusi yang sudah ada memiliki sejumlah keterbatasan sehingga belum optimal dalam mendukung pemahaman Quran secara lebih luas. Untuk versi cetakan buku-buku tafsir, ukurannya tebal-tebal dan biasanya memilki harga yang cukup mahal. Tafsir Quran dalam bentuk aplikasi mobile dan situs yang tersedia juga kebanyakan hanya berfungsi sebagai versi digital dari buku tanpa dilengkapi fitur yang membantu pengguna mempelajari tafsir Quran secara lebih cepat dan praktis melalui sumber-sumber tafsir yang terpercaya. 

Learn Quran Tafsir (LQ Tafsir) menawarkan solusi teknologi untuk memberi kemudahan dalam memahami tafsir Quran melalui teknologi search engine dengan konten tafsir Quran terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan. Kami telah memulai pengembangan produk ini pada Juli 2017 dalam bentuk situs (tafsir.learn-quran.co) dan aplikasi mobile Android (bit.ly/GetLQTafsir) dengan fitur-fitur dasar serta melakukan pemasaran dengan anggaran yang sangat minim sejak launching pada Januari 2018. 

Dalam kurun waktu 3 bulan sejak launching, tercatat lebih dari lebih dari 800.000 pengguna telah mengakses situs dan menggunakan Learn Quran Tafsir dan sangat mendukung keberlanjutan pengembangan produk ini. Kini, LQ Tafsir telah memiliki total 800.000 pengunjung situs/pengguna dengan rerata >1600 pengguna harian, dengan rekor 117 ribu orang selama satu minggu menggunakan aplikasi Learn Quran Tafsir.

Yuk baca tafsir dengan Learn Quran Tafsir.

--   

[1] H.R. Ibnu Hibban dalam Shahihnya, no. 621; isnadnya shahih sesuai dengan syarat Muslim, sebagaimana yang dikatakan oleh Syaikh Syu'aib Al-Arna'uth

KONTEN MENARIK LAINNYA
x