Mohon tunggu...
denny suryadharma
denny suryadharma Mohon Tunggu... penjelajah rasa, merangkum dalam kata bermakna untuk dikabarkan pada dunia

lahir di bandung, suka dengan dunia kuliner, traveling dan menulis lepas.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Berani Coba Pisang Genderuwo?

6 Januari 2019   09:06 Diperbarui: 6 Januari 2019   09:31 472 0 0 Mohon Tunggu...

Umumnya pisang setelah matang kulitnya akan berwarna kuning atau hijau. Namun pisang yang satu ini malah berwarna merah keunguan bahkan setelah matang sekalipun.

Memiliki nama latin Musa acuminta red dacca, aslinya dari hindia barat dan amerika tengah. Namun saat ini sudah menyebar ke sejumlah wilayah di dunia termasuk Indonesia. Sepintas pisang ini tidak begitu menarik perhatian, bahkan lebih berkesan angker. Mungkin karena warna batang pohon dan warna buahnya yang merah kehitaman.

D isejumlah wilayah pisang ini punya beberapa julukan, seperti masyarakat di jogjakarta menyebutnya sebagai pisang genderuwo. Sedangkan di jawa barat masyarakat menyebutnya cau hurang (pisang udang). Namun apapun julukannya pisang ini kaya akan khasiat dan manfaat seperti dituturkan sahabat saya bung gilang seorang penyiar senior sebuah radio jaringan di Bandung yang saat itu mendapatkan kiriman pisang merah dari penggemar setianya.

"Saya sudah mengkonsumsi pisang ini kurang lebih 2 tahunan. Meski ga semanis pisang ambon tapi makan pisang merah kerasa lebih enak ke badan" ungkap gilang yang bisa menghabiskan dua pisang merah ukuran sedang sekali makan.

Ditemani teh wasgitel tanpa gula, sambil ngorol ngalor ngidul khas anak radio, pisang merah satu tandan pun lansung tandas menyisakan kulitnya saja hehehe. Karena penasaran akan khasiat pisang genderuwo ini, sambil beristirahat saya mencari lebih jauh tentang pisang unik ini. Dan dari sejumlah informasi yang didapat, ini sejumlah manfaat dari pisang merah.

Cocok untuk diet
Pisang merah ini punya kandungan tiga jenis gula  alami yakni glukosa, sukrosa dan fruktosa. Ketiganya butuh waktu lama untuk dicerna, sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama sehingga sangat baik bagi yang sedang menjalankan progran diet. Selain itu dengan rasa kenyang yang lebih lama itu, bisa menahan keinginan untuk ngemil terutama cemilan yang tidak sehat.

Bagus untuk pencernaan
Seperti khasiat buah pada umunnya, pisang merah ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa serat ini bagus sekali untuk membantu proses pencernaan. Menurut gilang, dengan mengkonsumsi pisang merah ini secara rutin ganguan asam lambung (maag) tidak lagi mengganggu. Begitupun dengan perut kembung sudah sangat jarang dialami lagi.

Bagus untuk daya tahan tubuh
Pisang merah ini kaya akan kandungan vitamin C dan beta-karoten. Antioksidan ini sangat baik untuk memperkuat sistem ketahanan tubuh kita untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh kita.

Mengatasi anemia
Pisang merah ini juga kaya akan kandungan vitamun B6. Nah vitamin B6 ini akan  memproduksi hemoglobin dalam darah. Sehingga jumlah lsel darah merah kita akan terjaga.

Wah banyak juga yah khasiat dari pisang merah ini. Harapannya sih mudah mudahan kedepan tidak sulit lagi mendapatkan pisang merah ini.

VIDEO PILIHAN