Mohon tunggu...
Fransiskus Xaverius
Fransiskus Xaverius Mohon Tunggu...

I see the whole world from my extraordinary perspective

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Afirmasi, Permainan Sugesti dan Alam Bawah Sadar

17 Desember 2012   18:31 Diperbarui: 24 Juni 2015   19:28 10964 1 1 Mohon Tunggu...

Seringkali kita mendengarkan kata “sugesti” dan “alam bawah sadar”. Kebanyakan kata-kata tersebut kita dengar pada acara yang menampilkan aksi hipnotis maupun acara yang sejenisnya.

Apakah arti “sugesti” yang sebenarnya? Mari kita ulas lebih dalam melalui tulisan yang saya buat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi kata “sugesti” adalah dorongan atau pengaruh yang dapat menggerakan hati orang. Sugesti bukan hanya diterapkan sebagai dorongan untuk mempengaruhi hati orang lain, tetapi juga bisa diterapkan untuk mempengaruhi diri sendiri. Jika anda mampu mensugesti diri sendiri, berarti anda sudah memasuki tahap “self-motivating” yang dalam Bahasa Indonesia, kita sebut motivasi diri sendiri.

Ternyata, “self-motivating” sendiri masih merupakan tahap dasar dalam pengembangan diri. Sejatinya, ada langkah kecil dan sederhana untuk masuk ke tahap pengembangan diri lebih lanjut. Langkah tersebut adalah melakukan sugesti diri atau “self-motivating” secara berulang-ulang dan tentunya dengan hati dan mantap.

Langkah-langkah sederhana tersebut akan menuntun hati kita yang sudah tersugesti dan termotivasi secara mantap untuk mengirimkan stimulsi atau rangsangan terhadap alam bawah sadar kita.

Apa itu “alam bawah sadar”?? Mari kita ulas lebih lanjut.

Alam bawah sadar merupakan sisi paling kuat yang ada dalam diri manusia dibanding alam sadar. Sebenarnya manusia memiliki kelebihan lebih kuat yang sebelumnnya belum pernah dimanfaatkan, kalau pun dimanfaatkan anda mungkin tidak menyadari hal tersebut. Kalau alam bawah sadar selama ini dianggap suatu hal yang magis atau gaib, itu hanya salah persepsi semata. Karena pada dasarnya alam bawah sadar adalah kekuatan-kekuatan yang ada pada setiap manusia yang belum banyak dimanfaatkan oleh khalayak umum.

Sebenarnya alam bawah sadar ini memiliki kemampuan yang luar biasa, pada kondisi-kondisi tertentu, alam bawah sadar dapat bekerja, dan kabarnya otak bawah sadar mempunyai kemampuan 7 kali lebih besar dibanding otak sadar. Alam bawah sadar mengatur semua aktivitas hidup kita, hal yang sangat dapat kita rasakan tapi belum kita sadari adalah disaat kita sedang tidur, antara lain bernafas dan mengatur denyut jantung.

Bagaimana cara menembus pikiran bawah sadar kita? Cara yang mudah adalah dan memejamkan mata, lalu pikiran pun membawa kita ke dalam kondisi alpha, kosong, dan tenang, melarutkan kita dalam suasana yang nyaman dan penuh ke dalam kedamaian. Dalam keadaan alpha, sebuah pintu ke alam bawah sadar terbuka. Saat masuk dan menjelajah alam bawah sadar, kita bisa memprogram hidup kita seperti apa yang kita mau dengan sugesti-sugesti positif yang kita harapkan.

Yang perlu diketahui, pikiran bawah sadar tidak pernah mengetahui perbedaan antara imajinasi dengan kenyataan. Karena itu, alam bawah sadar memerlukan sifat tegas, tentu saja dibarengi dengan unsur emosi yang kuat, dalam hal ini hindari emosi negatif, tetapi gunakan emosi positif.

Maka kalau hal tersebut dilakukan secara konsisten, alam bawah sadar anda akan menuntun anda menuju sebuah kesuksesan.  Diperlukan emosi atau perasaan yang positif atau perasaan yang menyenangkan. Ketika kita inginkan, ciptakan sebuah rasa bahagia, buatlah sebuah keinginan yang besar tentang sesuatu yang kita inginkan untuk tercapai.

Jadi untuk membangkitkan alam bawah sadar anda adalah dengan membayangkan, merasakan apa yang kita inginkan, rasakan dengan sejelas-jelasnya anda telah berhasil mewujudkan keinginan anda. Dan pasrahkan diri anda serta berdoa kepada Tuhan, maka  dengan izin-Nya, akan ada jalan yang melintas dalam pikiran tentang bagaimana mewujudkanya.

Sebuah solusi yang lahir setelah proses membayangkan dan merasakan apa yang kita inginkan, adalah sebuah jawaban dari alam bawah sadar anda, yang kemungkinan besar akan menuntun anda pada sebuah kesuksesan yang anda inginkan.

Sekiranya, begitulah afirmasi, sebuah penegasan melalui batin dan alam bawah sadar kita untuk mewujudkan harapan kita ke dunia sadar. Hanya sampai sejauh ini yang bisa saya tuliskan mengenai pengertian dan tahap-tahap afirmasi. Alangkah lebih cepatnya anda mengerti apa yang saya tuliskan dengan mencoba mempraktekannya. Tidak memerlukan persiapan yang khusus, cukup dimulai dengan menenangkan hati dan pikiran dalam kondisi jernih terlebih dahulu.

Sedikit dari saya, akhir Juni 2012 saya mengalami kecelakaan yang menyebabkan saya koma selama 3 hari, dan selama 7 hari rawat intensif di ICU setelah mengalami kecelakaan, untuk menggerakan tangan saya pun saya tidak mampu. Saya divonis untuk di rumah sakit selama lebih dari 1,5 bulan.

Apa yang saya lakukan? Langkah kecil yang saya tuliskan diatas membuat diri saya sembuh total seperti tidak pernah mengalami kejadian apapun hanya dalam 2 minggu setelah kecelakaan. Sembuh secara total.

Salam dari saya, semoga bermanfaat untuk pengembangan diri anda.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x