Mohon tunggu...
M.Denny Elyasa
M.Denny Elyasa Mohon Tunggu... Analis Kebijakan dan Penulis

Analis Kebijakan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov.Kep. Bangka Belitung . Aktif menulis opini dan esai khususnya mengenai kepariwisataan dan SDM pada surat kabar lokal.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Pantai Tuing Indah, Keindahan "Bali" di Timur Pulau Bangka

12 Mei 2021   09:41 Diperbarui: 22 Mei 2021   11:16 159 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pantai Tuing Indah, Keindahan "Bali" di Timur Pulau Bangka
Pintu Gerbang Masuk

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah dikenal  dengan keindahan pantainya yang berpasir putih dan batuan granit yang “tumbuh” besar, seakan – akan mengisi ruang kosong di sepanjang pantai. Potensi wisata alam pantai di Bangka Belitung ternyata tidak hanya menyajikan pemandangan pantai dengan batuan granitnya. Tersembunyi di sisi timur Pulau Bangka terdapat nuansa lain dari potensi wisata alam pantai di Bangka Belitung, yaitu Pantai Tuing Indah

Pasir putih dengan latar belakang perbukitan
Pasir putih dengan latar belakang perbukitan

Pantai Tuing Indah berjarak ± 80 Km atau ± 1,5 jam perjalanan dari pusat Kota Pangkalpinang ibu kota provinsi tergantung situasi dan kondisi selama perjalanan. Berada di desa Tuing Kecamatan Riau Silip,  perjalanan kita akan melewati Kota Sungailiat menuju Kecamatan Belinyu, berbelok ke kanan masuk ke Desa Mapur. 

Akses jalan menuju Pantai Tuing Indah beraspal baik, namun kita tetap harus hati – hati karena ada beberapa bagian jalan berlubang. Tiba di sana kita akan disuguhi pesona keindahan pantai yang takkala bandingnya dengan pantai yang ada di Pulau Bali, dengan pengelolaan yang cukup rapi melibatkan masyarakat sekitar.

Pohon kelapa berderet rapi
Pohon kelapa berderet rapi

Pasir putih membentang panjang berkilo meter, berlatar bukit hijau,  pohon kelapa berjajar rapi. Pantainya cukup bersih, tempat sampah Atap gazebo dicat berwarna warni menambah pesona keindahan pantai tersebut. Tiket masuk per orang Rp.3.000,  parkir mobil Rp.5.000, biaya sewa gazebo Rp.50.000. Fasilitas yang tersedia di sana selain gazebo, yaitu  tempat parkir yang luas, mushola, kamar mandi dan ruang bilas, warung makan serta cottage yang masih dalam persiapan.

Jajaran gazebo berbaris rapi dengan atap warna warni
Jajaran gazebo berbaris rapi dengan atap warna warni

VIDEO PILIHAN