Mohon tunggu...
deni wintara
deni wintara Mohon Tunggu... Human Resources - Digital Marketing Specialist DIGITECH University

Kami telah membuat waktu siang untuk mengusahakan kehidupan (bekerja).

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Digital Marketing Di Era Revolusi 4.0

16 Mei 2024   15:21 Diperbarui: 16 Mei 2024   15:40 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Digital Marketing Di Era Revolusi 4.0

Digital marketing merupakan bentuk usaha baru dalam memasarkan produk atau jasa dan membangun komunikasi dengan konsumen melalui teknologi digital, salah satunya adalah media sosial. Penggunaan digital marketing sebagai media komunikasi pemasaran di pengaruhi oleh pesatnya perkembangan teknologi komunikasi terutama internet. Internet sudah mengubah wajah dunia saat ini, terutama dalam dunia bisnis, internet berkembang dengan cepat dan menjadi bagian paling penting dalam kehidupan masyarakat. Pada perkembangan komunikasi pemasaran, digital marketing merupakan sarana yang sedang marak dibicarakan, dan digunakan diseluruh daerah.

Saat ini banyak pelaku bisnis mulai mengembangkan usaha-usaha yang dulu dikelola secara offline mulai kearah online. Disamping untuk menghemat biaya sekaligus untuk mempermudah para pelanggan dalam menikmati produk-produk yang ditawarkan. Para pelaku bisnis yang dulu menggunakan atau memasarkan produknya melalui toko nyata atau media konvensional kini mulai beralih menggunakan internet sebagai media pemasarannya melalui online shop atau toko online, media sosial, website, video ads, banner, dll.

1. Marketing

Pemasaran (marketing) memegang peran yang sangat penting dalam dunia bisnis. Setiap perusahaan atau pebisnis sangat penting untuk memiliki strategi yang tepat dan efisien guna merebut pasar seluas mungkin dan juga harus mengembangkan metode strategi sebagai kerangka acuan untuk mengembangkan usahanya. Kerangka acuan dibutuhkan sebagai indikator benar tidaknya tindakan-tindakan yang sudah diambil. Keberlangsungan hidup perusahaan sangat bergantung pada strateginya alam menguasai pasar dan merebut hati konsumen. Semakin besar sebuah perusahaan, semakin kompleks pula tantangan yang dihadapi, baik dari internal maupun eksternal. Untuk itu perusahaan harus dapat mengenal berbagai ancaman dan peluang dari lingkungan tersebut.


Pemasaran, secara umum, adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana orang dan organisasi mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan berkolaborasi dengan orang lain. Pemasaran dalam skala bisnis yang lebih sempit berarti membangun hubungan yang menguntungkan dan sarat nilai dengan pelanggan. Oleh karena itu, kami menganggap pemasaran sebagai proses di mana bisnis berinteraksi dengan pelanggan, membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dan menciptakan nilai untuk mendapatkan nilai dari pelanggan sebagai imbalannya. Pemasaran juga mencakup tindakan, kelompok organisasi, dan proses untuk membuat, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan penawaran yang bermanfaat bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum (Kotler dan Amstrong, 2018).

Pemasaran juga disebut sebagai tindakan dan proses untuk membuat, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan penawaran yang  memiliki nilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum. Pemasaran adalah suatu proses sosial di mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan membuat, menjual, dan secara bebas mempertukarkan barang dan jasa berharga dengan orang lain. Dalam perkembangan pemikiran pemasaran kontemporer, penciptaan nilai di antara pelanggan dan bisnis, serta pentingnya pembagian nilai menjadi tema penting. Pemasaran adalah proses dimana perusahaan membangun hubungan pelanggan yang kuat dan menciptakan nilai bagi pelanggan dalam upaya mendapatkan nilai dari pelanggan sebagai imbalannya (Kotler dan Amstrong, 2018).

Sebagai hasil dari beberapa definisi, pemasaran dapat didefinisikan sebagai suatu proses sosial atau tungsi organisasi dalam kegiatan bisnis yang bertujuan untuk menyalurkan atau mendistribusikan barang-barang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Tujuannya adalah untuk mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk sesuai dan dapat dijual dengan sendirinya. Idealnya, pemasaran harus membuat konsumen siap untuk membeli, sehingga produk hanya perlu tersedia.

2. Pemasaran Digital

Perkembangan teknologi membantu kita memperoleh informasi dengan cepat. Teknologi membantu manusia mengembangkan kreativitas dalam pemasaran dan penjualan. Pemasaran produk mengalami peningkatan dengan menggunakan teknologi terkini. Manusia menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dengan keterlibatan teknologi. Uraian tersebut memperlihatkan bahwa manajemen suatu perusahaan akan melakukan digital campaign atau kampanye online bagi brand atau produk perusahaan. Usaha ini dapat dilihat dari website dan sosial media yang dimiliki suatu perusahaan. Semua usaha ini disebut dengan istilah digital marketing. Konsep dan penerapan digital marketing merupakan hal yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk sebuah brand atau merek. Digital marketing sangat penting untuk diterapkan dalam usaha memasarkan dan menjual produk, karena kemajuan perkembangan teknologi yang menghasilkan kecenderungan (trend) bisnis semakin bervariasi. Hal ini disebut dengan digital marketing trend (Diwyarthi, 2022,).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun