Mohon tunggu...
Deni Mildan
Deni Mildan Mohon Tunggu... Geologist

Geologist | Open Source Software Enthusiast | Menulis yang ringan-ringan saja. Sesekali membahas topik serius seputar ilmu kebumian | deni.mildan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Dari Bimbo Kita Belajar Pentingnya Ayah dalam Pendidikan Anak

22 April 2021   02:30 Diperbarui: 22 April 2021   02:45 537 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dari Bimbo Kita Belajar Pentingnya Ayah dalam Pendidikan Anak
Sumber: tribunnews.com

Ada anak bertanya pada bapaknya

Buat apa berlapar-lapar puasa

Ada anak bertanya pada bapaknya

Tadarus tarawih apalah gunanya

Penggalan lirik di atas merupakan salah satu karya grup musik Bimbo. Bimbo banyak merilis lagu bertema religi yang kemudian kerap diperdengarkan saat Ramadan dan hari raya Islam. Lagu Tuhan dan Sajadah Panjang adalah contoh lagu lain yang juga tenar.

Bimbo sendiri merupakan grup musik asal Bandung yang didirikan sekitar tahun 1967. Grup musik yang digawangi tiga bersaudara Sam, Acil, dan Jaka, ditambah adik perempuan mereka Iin Arlina ini populer dengan lagu-lagunya yang humoris, bernada satir sosial, kemudian berkembang menjadi religius sebagaimana populer sekarang. Lagu-lagu religi mereka pun sudah banyak dirilis ulang oleh para musisi lain, misalnya Gigi.

Lagu Ada Anak Bertanya pada Bapaknya adalah salah satu lagu yang paling berkesan bagi saya. Lagu tersebut tidak hanya menggambarkan betapa mulianya amal ibadah di Bulan Ramadan. Lebih dari itu, lagu ini menyiratkan teladan seorang ayah dalam mengajarkan ilmu agama kepada anaknya.

Ayah dalam lagu tersebut digambarkan sebagai pribadi yang ramah dan memiliki tutur kata yang lembut. Alih-alih merasa terganggu, ia dengan senang hati menjawab pertanyaan sang anak. Jawabannya singkat namun langsung ke intinya.

Lapar mengajarmu rendah hati selalu

Tadarus artinya memahami kitab suci

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN