Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Gusti, Nikmatnya Oseng Oncom Udang Rebon

18 September 2020   05:29 Diperbarui: 19 September 2020   10:40 563
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Oseng Oncom Udang Rebon. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

"Lebay nih. Makan oncom saja loh sampai segitunya." 

Memang betul. Hanya oncom. Tapi kalau yang namanya sedang kepingin tentu saja rasanya menjadi luar biasa nikmat. Coba saja tanyakan pada para ibu yang pernah ngidam. 

Ketika sedang kepingin makan mangga muda sambil dicocol garam. Nikmatnya pasti luar biasa begitu mendapat yang diinginkan. Padahal yang melihat ngilu sendiri.

Seperti itulah yang saya rasakan ketika sedang ingin makan oseng oncom. Tapi bukan oseng oncom biasa. Sebab ada campuran udang rebon dan daun kemanginya. 

Nah, daun kemangi ini yang membuat rasa oseng oncom semakin nikmat. Aroma wangi daun kemanginya sangat khas. Segar.Semua berawal dari sepotong comro goreng yang saya makan, buah tangan keponakan yang datang ke rumah. Sudah lama tak makan gorengan seperti ini. 

Jadi langsung saja saya cicipi sambil menata si comro di atas piring. Ups, ternyata rasa oncom di dalamnya enggak genah alias enggak karuan. Saya pun kecewa. Tidak seperti yang saya bayangkan. Jadi dendam ingin membuatnya sendiri.

Esoknya saya belanja keperluan untuk membuat comro. Hanya singkong dan oncom serta cabai rawit merah. Ternyata singkongnya tidak bisa diparut di tempat. Jadi harus memarutnya sendiri. 

Duh, malas sekali kalau mesti memarut singkong. Akhirnya batal niat membuat comro. Berhubung oncom dan cabainya sudah dibeli. Maka berubah biarlah. Tak jadi membuat comro, oseng oncom pun jadi.

Maka begitulah. Saya pun berniat membuat oseng oncom setelah menambahkan kantong belanjaan dengan sebungkus udang rebon dan tiga ikat daun kemangi. 

Dulu ibu saya kalau masak oncom seperti ini tambahannya lenca. Nah, saya ingin yang beda. Tambahannya udang rebon dan daun kemangi. Sama saja sih cara membuatnya. Tidak terlalu rumit. Berikut ini resep dan cara membuat oseng oncom udang rebon.

Bahan-bahan:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun