Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta

Penulis "Ketika Srikandi Bersepeda," Biker, Rider, Odoper, Pegiat Budaya dan Pencinta Sejarah serta Penyuka Kuliner.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Kue Awug Godong Pisang Kreasi Lain Jajanan Tradisional Pasundan

24 Juli 2020   05:27 Diperbarui: 24 Juli 2020   05:37 70 12 1 Mohon Tunggu...

Kue awug. Jajanan tradisional yang berasal dari tanah Pasundan. Berbahan dasar tepung beras, kelapa dan gula merah. Biasanya dikukus menggunakan wadah berbentuk kerucut. Kemudian dipotong kecil-kecil saat disajikan.

Tidak jauh berbeda dengan kue dongkal dan kue putu bambu asal Betawi. Bahan dasarnya sama. Hanya saja cara penyajiannya yang berbeda.

Kue Awug, kelapa dan tepung berasnya dicampur menjadi satu baru kemudian diberi gula merah saat mengukusnya. Tidak begitu dengan kue dongkal dan putu bambu. Untuk keduanya, kelapa parut baru ditaburkan saat akan disajikan. 

Khusus kue putu bambu bahan dasarnya diberi warna hijau daun pandan. Sehingga berbeda sendiri. Mengukusnya pun dalam cetakan bambu bukan kukusan berbentuk kerucut.

Lalu apa itu Kue Awug Godong Pisang? Kalau ini kue Awug kreasi sendiri. Artinya menggunakan bahan dasar yang sama, hanya saja mengolahnya dibungkus terlebih dulu dengan daun pisang.

Berawal dari melihat godong pisang atau daun pisang yang tak terpakai. Akhirnya terpikir membuat kue yang tidak biasa tapi tidak ribet. Artinya ingin yang praktis saja. Lalu muncullah ide membuat kue Awug Godong Pisang ini. Mengingat bahan dan caranya cukup mudah.

Bagaimana rasanya? Lebih legit dan beraroma khas efek daun pisang yang dikukus. Tidak percaya? Silakan dicoba. 

Inilah cara membuat Kue Awug Godong Pisang.

Bahan-bahan:

1 . Daun pisang secukupnya

2 . Tepung beras

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN