Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta

Penulis "Ketika Srikandi Bersepeda," Biker, Rider, Odoper, Pegiat Budaya dan Pencinta Sejarah serta Penyuka Kuliner.

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

"5 cm", Film Bertema Solidaritas dalam Persahabatan Berlatar Gunung Mahameru

9 Mei 2020   15:09 Diperbarui: 9 Mei 2020   15:13 47 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"5 cm", Film Bertema Solidaritas dalam Persahabatan Berlatar Gunung Mahameru
Picture via IDNTimes

Bicara film yang bertema solidaritas, pilihan saya jatuh pada film 5 cm

Film yang diadaptasi dari novel karya Donny Dhirgantoro dengan judul yang sama, 5 cm. Disutradarai oleh Rizal Mantovani. Diproduseri oleh Sunil Soraya. Dengan Yudi Datau dibagikan sinematografi.

Film ini berkisah tentang 5 sahabat. Genta, Zafran, Arial, Ian, Riani yang sudah berteman selama 10 tahun. 

Berawal dari kejenuhan atas persahabatan mereka ini. Akhirnya Genta mengusulkan untuk tidak saling bertemu dan berhubungan selama 6 bulan. Baik secara nyata maupun di media sosial. 

Namun Riani yang merupakan anggota paling cantik karena perempuan sendiri, tidak setuju. Terlalu lama katanya. Akhirnya disetujui 3 bulan saja sesuai usulan Arial.

Setelah waktu 3 bulan berakhir, mereka sepakat untuk merayakan pertemuan tersebut di puncak Mahameru tepat di tanggal 17 Agustus. 

Maka pada tanggal 14 Agustus mereka bertemu di stasiun. Dari sinilah petualangan dimulai.  Arinda atau Dinda yang merupakan adik dari Arial ikut serta.

Dalam pendakian ini rasa solidaritas dan setia kawan mereka diuji. 5 orang dengan karakter berbeda. 

Genta dengan gaya leadernya, Zafran yang puitis, Arial si body atletis tapi gugupan kalau bertemu perempuan,  dan Ian si gendut doyan makan serta si cantik Riani. 

Ketegangan demi ketegangan mereka rasakan dalam pendakian ini. Terutama ketika abu dan batu berguguran dari puncak Mahameru. Arinda yang terkena batu sempat kehilangan pendengaran. Ian yang juga terkena batu sempat pingsan dan disangka mati karena tak segera sadarkan diri meski sudah diberi napas buatan.

Menonton film ini seolah ikut merasakan petualangan mereka. Ikut tegang. Turut merasa terharu saat mereka berhasil puncak Mahameru. Film yang tetap rekomended untuk ditonton meski film lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN