Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta

Penulis "Ketika Srikandi Bersepeda," Biker, Rider, Odoper, Pegiat Budaya dan Pencinta Sejarah serta Penyuka Kuliner.

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Masjid Agung Serua Permai: Nyaman, Ramah Anak dan Lansia

30 April 2020   14:30 Diperbarui: 30 April 2020   14:33 62 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masjid Agung Serua Permai: Nyaman, Ramah Anak dan Lansia
Dok. pribadi

Sebagai seorang muslimah yang gemar jalan-jalan dan menjelajah, entah dengan mengendarai sepeda motor atau sepeda onthel. Masjid menjadi tempat persinggahan yang paling dicari. 

Selain sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah salat lima wakru. Juga sebagai tempat melepas lelah. Sehingga kemana pun arah yang dituju. Tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah masjid.

Dari beberapa masjid yang pernah disinggahi. Baik di dalam kota, luar kota dan luar negeri. Ada satu masjid yang sangat berkesan dan sangat saya sukai sebagai tempat ibadah

Bukan karena bentuk masjidnya yang indah. Masjidnya yang sarat sejarah. Atau masjid tersebut unik dan sebagainya. Bukan karena itu semua. Tapi lebih ke rasa nyaman saat melihat dan merasakan berada di dalam masjid tersebut.

Masjid di tempat lain yang pernah saya singgahi bagus-bagus dan menarik. Bahkan ada yang sarat sejarah seperti Masjid Saka Tunggal di daerah Wangon, Banyumas, Jawa Tengah. Namun bukan sebab itu saya jatuh suka terhadap sebuah masjid.Nah, masjid yang saya maksud nyaman, ramah anak dan lansia itu adalah sebuah masjid yang berada di tengah-tengah komplek. Namanya Masjid Agung Serua Permai. Hanya sebuah masjid sederhana di sebuah perumahan. 

Masjid seperti itu kok digandrungi.  Yang benar saja? Enggak berkelas banget sih?"

Mungkin demikian yang terlintas dalam benak sebagian orang. Namun akan berpendapat lain lagi jika sudah pernah merasakan nyamannya berada di sana.

Pada dasarnya semua masjid memberikan rasa nyaman. Namanya juga tempat ibadah. Namun Masjid Agung Serua Permsi ini memberi nuansa berbeda bagi saya. Dan memiliki kesan yang mendalam sebagai tempat ibadah.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Bagaimana tidak? Bentuknya yang sederhana dengan halaman yang luas di bagian depan dan samping. Membuat masjid ini ramah anak. Saya sebut demikian sebab orang tua yang membawa anaknya turut serta ke masjid, bisa dengan tenang melepas anak-anak bermain di halaman. Tanpa perlu khawatir si anak jatuh dari tangga sebagaimana masjid lain yang berundak atau bertingkat sekian.

Halaman parkir yang cukup luas di bagian dalam masjid membuat tenang mereka yang membawa kendaraan ke masjid. Sebab tidak harus memarkir kendaraannya di luar pagar masjid. Apalagi di depan rumah orang. Kecuali jika ada perayaan hari besar.

Bagian dalam masjid ini yang merupakan tempat untuk ibadah, cukup luas tanpa ada tiang-tiang penyanggah di tengahnya. Benar-benar luas menghampar begitu pintu dibuka. Hawa sejuk dari mesin pendingin ruangan sungguh menyejukkan hati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN