Mohon tunggu...
Dendy Kurniawan
Dendy Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hoby adalah olahraga dan berdiskusi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Bullying terhadap Siswa di MI Sudirman Kedung Jeruk

22 Juli 2022   22:52 Diperbarui: 22 Juli 2022   23:05 36 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Perilaku bullying adalah segala bentuk kekerasan yang dilakukan sengaja oleh siswa satu atau kelompok siswa lain, dangan tujuan untuk menyakiti dan menyiksa orang itu secara terus menerus. 

Apakah  penyebab bullying disekolah itu? 

Dalam ruang lingkup sekolah tersebut ternyata bullying sering dilakukan oleh siswa kelas 1-6 hal ini membuat saya merasa empati terhadap anak-anak yang ditindas, dipukul dan dibentak dengan perkataan yang kurang wajar. Mungkin salah satu penyebabnya ialah kurang harmonis nya hubungan anak dengan orang tua, kurang percaya diri, kebiasaan yang suka mengejek-ngejek orang lain, minimnya perhatian sekolah terhadap bullying. 

Dampak buruk terjadinya bullying terhadap siswa? 

Masalah kesehatan, menurunnya performa akademisnya, sering merasa cemas/ merasa sedih dan kesepian. Dari beberapa dampak itu terlihat jelas bahwa siswa yang terkena bullying tadi suka menarik dirinya dari lingkungan, merasa cemas, emosi yang tidak stabil. 

Bagaimana cara menyecegah dampak bullying itu? 

Adapun beberapa tahapan yang harus dilakukan adalah dengan melakukan komunikasi yang baik terhadap siswa, dapat melakukan sosialisasi dampak bullying disekitar sekolah maupun luar sekolah, menghibur siswa ini supaya bisa bangkit dari keterpurukan, dan mendukung aktivitas yang disenanginya misalkan bermain bola, badminton dan lain-lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan