Mohon tunggu...
Denata
Denata Mohon Tunggu... wiraswasta

perempuan cerdas tidak hanya harus berpendidikan namun juga mampu menggunakan logika dan rasionalitas dalam menyingkapi sebuah isu. Broaden knowledge and be critical

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Candi Borobudur sebagai Barometer Musik Dunia

11 Mei 2021   06:04 Diperbarui: 11 Mei 2021   06:05 431 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Candi Borobudur sebagai Barometer Musik Dunia
gambar orang bermain gendang pada salah satu relief Borobudur, sumber gambar encyclopediajakarta-tourism.go.id

Musik pada hakikatnya tidak akan pernah terpisah dari kehidupan manusia. Sebagai bagian dari kebudayaan, musik dapat menjadi cerminan realitas sosial yang berlaku di masyarakat. Musik menjadi sebuah refleksi dari perasaan dan pikiran manusia. Bahkan musik telah ada dari zaman dulu, dan musik dipercaya memilik kemampuan untuk menghipnotis. Oleh karenanya, musik memiliki peran penting di dalam aktivitas profan ataupun yang terkait dengan keagamaan. Musik juga telah menjadi indikator dari keberadaan manusia itu sendiri.

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang terletak di Indonesia. Kemegahan arsitekturnya dan keindahan candi Borobudur memang tidak ada tandingannya. Candi borobudur merupakan salah satu harta karunnya Indonesia. Itulah kenapa Candi Borobudur termasuk dalam wonderful Indonesia, atau bisa dikatakan sebagai pesonanya Indonesia. Sayangnya, sebagian besar masyarakat masih menganggap Candi Borobudur hanya sebagai objek wisata, tempat untuk swafoto, tanpa mereka tahu keistimewaan dan warisan budaya yang terdapat pada candi.

Candi Brobudur dapat digunakan sebagai alternatif pendidikan peradaban bagi generasi saat ini dan masa depan. Karenanya Candi Borobudur harus memiliki konsep baru untuk mengangkat potensi seni dan budaya Indonesia. Hal ini nantinya dapat menjadi magnet untuk menarik wisatawan datang dan menikmati wisata Borobudur. Salah satunya dengan terus mengenalkan Sound of Borobudur, dimana dapat dimanfaatkan sebagai bentuk pengembangan kawasan wisata Candi Borobudur.

Borobudur Sebagai Pusat Musik Dunia 

Candi Borobudur bukan hanya sebagai bangunan yang menjadi keajaiban dunia. Borobudur memiliki ratusan relief yang menggambarkan perkembangan peradaban manusia, termasuk dari segi seni. Bisa dikatakan relief ini bagaikan perpustakaan nasional yang menyimpan banyak pengetahuan. Bahkan ratusan relief ini menggambarkan banyak alat musik. Dilansir dari beberapa sumber, ada relief yang memuat gambar manusia memainkan alat musik dengan aneka jenis dan bentuk. Ada alat musik pukul, petik dan juga tiup. Ada yang menyerupai gendang, kecapi, suling, hingga berbagai alat musik tradisional dari berbagai negara. Hebatnya, meskipun Candi Borobudur terletak di Jawa Tengah, alat musik yang tergambar pada relief merupakan representasi nusantara dan dunia. Hal ini terlihat dari adanya gambar alat musik tradisional dari Kalimantan, Jepang, Tiongkok, Thailand, Mesir dan masih banyak lagi.

Gambaran alat musik yang ada pada relief menjadi bukti bahwa Borobudur merupakan salah satu pusat musik dunia. Melalui Sound of Borobudur, relief-relief itu berbunyi dan bersuara, menceritakan peradaban manusia di masa lalu. Masyarakat pada umumnya memang menyukai gambaran nyata atau visualisasi dari sebuah objek warisan budaya. 

Pada relief Borobudur sendiri terdapat pertunjukan seni di masa lalu. Dengan demikian, masyarakat dapat mengenali kondisi di masa lalu dan menarik benang merah dengan kondisi saat ini. Dengan menyaksikan visualisasi dari objek warisan budaya, maka masyarakat dapat dengan mudah mengenali nilai-nilai historis, budaya dan seni yang terkandung di dalamnya.

Borobudur bukanlah bangunan semata, melainkan sebuah karya seni yang mengajarkan tentang banyak hal, termasuk seni dan budaya. Ada keunikan dan rasa kagum tercipta melalui musik. Semua kalangan dapat menerima musik, bahkan anak muda sekalipun. Dengan demikian pandangan masyarakat terhadap warisan budaya dapat berubah secara perlahan.

Jadikan Borobudur pusat musik dunia. Terus gaungkan kegiatan Sound of Borobudur, karena akan menjadi daya tarik bagi pengembangan Candi Borobudur itu sendiri. Melalui interpretasi sebuah seni musik yang menjadi bagian dari relief candi Borobudur, kepedulian masyarakat terhadap kekayaan peradaban Indonesia dapat digemakan kembali. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x