Mohon tunggu...
Delia Nur Eka Pebriyan
Delia Nur Eka Pebriyan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan s1 jurusan Ilmu Komunikasi di salah satu kampus swasta di Bandung yaitu Universitas Komputer Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Book

Novel "5 cm" Karya Donny Dhirgantoro: Menapaki Perjalanan Hidup, Persahabatan, dan Impian

17 Oktober 2023   15:51 Diperbarui: 17 Oktober 2023   15:59 614
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Novel adalah salah satu bentuk karya sastra yang memiliki daya tarik tersendiri. Dalam setiap lembarannya, pembaca diundang untuk menjelajahi dunia yang diciptakan oleh penulis. Salah satu novel yang telah berhasil memikat hati banyak pembaca adalah "5 cm" karya Donny Dhirgantoro. Novel ini menawarkan petualangan, persahabatan, dan pesan-pesan berharga yang tidak hanya menghibur, tetapi juga menginspirasi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang novel "5 cm" dan melihat mengapa karya Donny Dhirgantoro ini begitu menarik. 

Novel "5cm" karya Donny Dhirgantoro adalah salah satu karya sastra populer dalam dunia sastra Indonesia. Dengan cerita yang mengikuti perjalanan lima sahabat, yakni Genta, Arial, Zafran, Riani, dan Ian, novel ini berhasil menarik perhatian banyak pembaca. Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih dalam tentang novel ini, termasuk latar belakang penulis, sinopsis, dan pesan moral yang terkandung di dalamnya. 

Donny Dhirgantoro adalah seorang penulis, sutradara, dan produser film asal Indonesia yang lahir pada 9 November 1975. Ia adalah salah satu penulis muda yang berhasil mengukir namanya dalam dunia sastra Indonesia. Donny pernah bekerja sebagai sutradara dan produser film, tetapi nama Donny Dhirgantoro menjadi sangat dikenal ketika ia menerbitkan novel "5cm" pada tahun 2008.

Donny Dhirgantoro menghadirkan kisah-kisah yang berbicara tentang kehidupan muda, perjalanan pribadi, dan pertemanan dalam karyanya. Melalui novel "5cm", Donny berhasil memikat pembaca dengan cerita persahabatan yang kuat dan petualangan yang penuh inspirasi. Novel ini menjadi salah satu karya sastra Indonesia yang sangat populer dan telah diadaptasi menjadi film pada tahun 2012.

Novel "5CM" bercerita tentang lima sahabat lama, Genta, Arial, Zafran, Riani, dan Ian, yang memutuskan untuk melakukan pendakian ke puncak Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa. Mereka berlima memiliki cita-cita untuk mengukir namanya di puncak gunung itu dengan menjalani petualangan yang tidak hanya menguji fisik, tetapi juga mental mereka. Selama perjalanan, mereka dihadapkan pada berbagai rintangan, termasuk cuaca ekstrem dan konflik internal. Namun, mereka terus maju dan akhirnya berhasil mencapai puncak. Perjalanan mereka ke puncak Gunung Semeru menjadi perjalanan spiritual yang mengubah cara mereka melihat hidup dan persahabatan.

Petualangan mereka dimulai ketika mereka tiba di desa terdekat Gunung Semeru. Mereka harus melewati berbagai rintangan, baik fisik maupun mental, untuk mencapai puncak gunung. Selama perjalanan mereka, mereka menghadapi hujan, angin kencang, bahkan pertengkaran di antara anggota kelompok. Namun, mereka selalu menemukan cara untuk melewati setiap rintangan, membuktikan seberapa kuat dan berharga persahabatan mereka.

Deskripsi latar tempat dalam novel "5CM" juga memainkan peran penting dalam membawa cerita ini ke dalam hidup. Donny Dhirgantoro berhasil menggambarkan keindahan Gunung Semeru dengan kata-kata sehingga pembaca dapat merasakan betapa megahnya pemandangan di sana. Bagian-bagian yang menggambarkan perjalanan di hutan, sungai, dan puncak gunung memberikan pengalaman visual yang kuat kepada pembaca. Ini juga memicu rasa ingin tahu dan minat dalam menjelajahi alam.

Novel ini tidak hanya bercerita tentang petualangan fisik mereka, tetapi juga petualangan emosional dan spiritual. Setiap karakter menghadapi konflik pribadi, seperti rasa cinta, keraguan, dan ketakutan. Melalui perjalanan ini, mereka masing-masing tumbuh dan belajar tentang arti sejati dari persahabatan, cinta, dan perjuangan hidup.

Dalam karya ini, Donny Dhirgantoro membuka pintu dunia yang sarat makna dan pelajaran berharga bagi pembacanya  baik pada perjalanan hidup, persahabatan, dan impian. 

  • Menemukan Identitas Melalui 

PetualanganDalam novel ini, para tokoh utama menjalani petualangan mendaki gunung tinggi yang bukan hanya sebatas fisik, tetapi juga perjalanan batin yang mendalam. Melalui pencapaian ini, mereka menemukan identitas diri mereka yang sejati, memahami batasan-batasan fisik dan mental yang mereka pikul, serta menemukan keberanian yang terpendam dalam diri mereka.

"5 cm" juga menggambarkan betapa kuatnya ikatan persahabatan. Kelima tokoh utama tidak hanya bersama dalam keberhasilan mereka mencapai puncak gunung, tetapi juga dalam mengatasi tantangan hidup. Persahabatan mereka mengajarkan kita tentang kesetiaan, dukungan, dan pentingnya memiliki orang-orang yang memahami dan mendukung kita dalam setiap langkah perjalanan hidup.

  • Pencarian Impian yang Menginspirasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun