Mohon tunggu...
Delia Nurmalita
Delia Nurmalita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

STIKES Mitra Keluarga Bekasi Timur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pemanfaatan Teknologi RFID (Radio Frequency Indentification) pada Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan

29 November 2021   19:36 Diperbarui: 29 November 2021   19:39 129 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pemanfaatan Teknologi RFID (Radio Frequency Indentification) Pada Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan

Delia Nurmalita

Jurusan Keperawatan, Stikes Mitra Keluarga, Jalan Pengasinan Rawa Semut Margahayu Bekasi Timur

Teknologi informasi adalah salah satu teknologi yang berkembang pesat pada saat ini dan maanfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya kemajuan teknologi informasi, masyarakat dapat mengakses data maupun informasi yang tersedia secara langsung dengan mudah, cepat dan akurat.

Radio Frequency identification (RFID) ialah teknologi yang mengidentifikasi menggukanan magnetic card. Teknologi RFID sekarang banyak digunakan oleh perusahaan untuk keperluan mengidentifikasi karyawan dan aset perusahaan. RFID juga sering digunakan oleh supermarket untuk mengidentifikasi saat belanja barang. Kehidupan semakin hari semakin canggih, sentuhan teknologi selalu ada pada sekitar kita dimanapun berada. Selain perusahaan, RFID sering digunakan untuk mengidentifikasi di supermarket maupun di rumah sakit.

Dalam menggunakan teknologi RFID juga dapat digunakan pada sistem panggil perawat berdasrkan respon-time perawat. RFID juga dapat memberikan layanan efesien yang dapat dengan cepat untuk meminndai proses pemberian rasa aman kepada pasien, karana setiap perawat menangani pasien yang memiliki kartu identitas yang ternama di dalam ID pada kartu (Salamet et al., 2015). Teknologi RFDI juga bisa digunakan pada sebuah sistem informasi rekam medis pada rawat inap sebagai sistem pelayanan informasi berupa identintas pasien.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh (Marini, 2019) pada pengembangan sistem informasi adminitrasi rumah sakit terutama pada perdagangan barang dengan metode penyimpanan dan mengambil kembali data melalui sebuah gelombang radio memanfaatkan suatu peralatan yang disebut RFID. Pada penggabungan teknologi RFID serta sistem informasi bahwa sistem manajemen pada bagian perdagangan barang maupun pendaftaran barang menjadi lebih efisien dan lebih terkontrol oleh pihak rumah sakit.

RFID dapat digunakan di berbagai bidang keahlian. Seperti peneliian yang dilakukan oleh (Utomo, 2012) bahwa RFID digunakan di perpustakaan untuk membantu para staff dibagian perpustakaan, baik dalam proses pendaftara anggota ataupun proses transaksi peminjaman buku, dengan adanya aplikasi pepustakaan dapat dilalukan dengan secara efiesien.

Radio Frequency identification (RFID) dapat dimanfaatkan sebagai teknologi untuk mendukung kegiatan perawat. RFID juga dapat dimanfaatkan untuk kartu identifikasi personal pada sistem akses ruangan pasien (Rachmat & Hutabarat, 2014). Teknologi RFID bisa mempersingkat waktu tunggu pelayanan pasien di rumah sakit yaitu mudah dipercepat dari 2 menit 57 detik menjadi 1 menit 22 detik. Menurut hasil penelitian (Fahey et al., 2013). RFID menunjukan sebagai teknologi untuk menilai akses data praktis yang dapat digunakan untuk memantau waktu yang dihabiskan oleh perawat selama di kamar pasien.

Oleh karna itu dari beberapa bukti penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehtan pada sebuah klinik atau rumah sakit memudahkan ataupun mempersingkat waktu bagian pendaftaran dan data kunjungan pasien memerlukan sistem yang bisa menyajikan informasi dengan membangun sebuah sistem dengan aplikasi ataupun berbasis data sebagai sebuah penyimpanan elektronik pada pengelolahan data pasien sehingga dapat mengurangi terjadinya kesalahan dalam pencatatan dan pencarian riwayat pasien dalam menyajikan sebuah informasi mudah diakukan dengan cepat, tepat maupun akurat pada saat dibutuhkan dalam menggunakan teknologi RFID.

Fahey, L., Lopez, K. D., Storfjell, J., & Keenan, G. (2013). Expanding potential of radiofrequency nurse call systems to measure nursing time in patient rooms. JONA: The Journal of Nursing Administration, 43(5), 302--307.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan