Mohon tunggu...
Defi Purwanti
Defi Purwanti Mohon Tunggu... Guru - GURU BAHASA INDONESIA

saya seorang guru Bahasa Indonesia di SMK Negeri 5 Kendal, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Variasi Media Pembelajaran

8 Oktober 2022   22:24 Diperbarui: 8 Oktober 2022   22:36 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan berkualitas adalah pendidikan yang dapat mengembangkan seluruh potensi peserta didik sehingga membentuk insan yang berkarakter, manusia yang cerdas baik secara intelektual, emosional maupun spiritual. Melalui pendidikan diharapkan mampu menyiapkan masyarakat Indonesia yang berkualitas dan berkompeten sehingga mampu bersaing dengan negara lain.

Kondisi yang ditemukan saat ini di SMKN 5 Kendal adalah masalah kurang optimalnya pembelajaran kedisiplinan karena banyak siswa yang terlambat ketika masuk sekolah di pagi hari dan banyak siswa yang membolos ditengah kegiatan belajar. 

Hal ini sangat merugikan terutama dalam proses pembelajaran. Masalah lain yang dijumpai guru adalah mengenai kegiatan pembelajaran, di mana kegiatan pembelajaran hanya berfokus di dalam ruang kelas, padahal kegiatan belajar dapat dilakukan di mana saja. 

Salah satu contohnya yaitu pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar kelas ataupun ruangan lain seperti perpustakaan. Masalah lain yang ditemukan adalah mengenai pemanfaatan alat peraga ataupun media sebagai perangkat pembelajaran.

Guru sebagai pengajar, harus mampu menginformasikan pengetahuan yang dimilikinya kepada siswa. Sedangkan sebagai perencana pengajaran, guru diharapkan mampu merencanakan kegiatan belajar mengajar secara inovatif, efektif dan efisien. 

Kondisi yang ditemukan di SMKN 5 Kendal saat ini adalah belum optimalnya pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran, pada hal ini mata pelajaran Bahasa Indonesia. Media yang ada hanya terbatas pada media yang bersifat monoton seperti buku paket dan papan tulis saja tanpa adanya usaha untuk melakukan inovasi sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik pada pembelajaran.

Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis menyimpulkan ada lima isu yang ada di SMKN 5 Kendal yang dapat dicari solusi permasalahanya. Isu tersebut antara lain kurang optimalnya pembelajaran kedisipinan siswa, belum optimalnya pemanfaatan lingkungan lingkungan sekitar sekolah, kurang optimalnya pemanfaatan perpustakaan sekolah, belum maksimalnya pemanfaatan alat peraga di sekolah, serta kurang optimalnya pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 5 Kendal.

Berbagai media yang dapat dikembangkan agar pembelajaran semakin bervariasi di antaranya adalah media pembelajaran power point, gambar berantai, poster, canva, dan platform quizizz.

Microsoft Powerpoint adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide.

Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer. Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. 

Fitur template/desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun