Mohon tunggu...
Defi Dilalatul Haq
Defi Dilalatul Haq Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030046

Saya Defi Dilalatul Haq, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030046. Akun kompasiana ini saya buat sebagai pendukung dalam perkuliahan mata kuliah jurnalistik, selain itu juga saya gunakan kompasiana ini sebagai sarana mengembangkan kreatifitas dan melatih skill menulis saya. Mohon bantuannya teman-teman✨

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Tips Menjaga Produktivitas Kamu di Kala Pandemi

25 Juni 2021   11:59 Diperbarui: 25 Juni 2021   12:13 112 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Menjaga Produktivitas Kamu di Kala Pandemi
Kegiatan produktif di kala pandemi. Sumber: istockphoto.com

"Ya ampun! Seharian aku cuma nonton TV, main HP, makan, sama tidur. Harusnya kan aku belajar hari ini, tapi kok rasanya males banget yaa".

Kamu ngerasain hal yang sama juga nggak sih? Merasa kalau produktivitas jadi menurun selama pandemi ini. Kalau di rumah aja bawaannya pengen rebahan terus, kalau nggak ya main game sama nonton drakor. Kapan produktifnya kalau begini terus?

Menurunnya produktivitas ini adalah hal yang wajar, tapi lama-lama akan berdampak buruk untuk diri dan pekerjaan kamu kalau dibiarkan terus-menerus. Eitss, jangan khawatir! Di artikel ini kamu bisa menemukan solusinya, yuk simak!

Nah, sebelum kita bisa menilai diri kita produktif atau tidak, sebaiknya kita harus tahu dulu nih, apa yang dimaksud dengan produktif.

Produktivitas adalah kemampuan yg dimiliki seseorang dalam menghasilkan sesuatu yang diinginkan dengan menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien. Dari definisi tersebut, bisa kita lihat bahwa produktif memiliki 3 unsur penting, yaitu efektivitas, efisiensi, dan kualitas. Ketika kita tidak melakukan sesuatu dengan efektif dan efisien, serta tidak menghasilkan kualitas yang baik atau sesuai dengan harapan, maka dapat disimpulkan apa yang kita lakukan belum atau kurang produktif.

Ternyata yang merasa kurang produktif dan tidak nyaman saat belajar di rumah, bukan kita aja loh. Menurut survei dari UNICEF yang dilakukan di tahun 2020, 66% pelajar juga mengaku tidak nyaman untuk belajar di rumah. Salah satu alasan utama mereka adalah karena kurangnya bimbingan dari guru. Tidak hanya pelajar, masyarakat awam juga merasa kehilangan produktivitasnya karena kurangnya interaksi sosial secara langsung selama pandemi ini. Hal ini juga bisa terjadi karena masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bersantai, bermalas-malasan, dan melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat.

Selain itu, menurunnya produktivitas juga berpengaruh terhadap pekerja yang harus menjalani WFH (Work From Home). Menurut Dr. Barbara Larson, seorang profesor dari Northeastern University. Ada beberapa hal yang menyebabkan menurunnya produktivitas selama WFH, yaitu:

  • Kurangnya pengawasan terhadap pekerja sehingga menyebabkan hilangnya motivasi
  • Banyaknya distraksi yang membuat pekerja kehilangan fokus
  • Sering terjadi miskomunikasi
  • Adanya masalah keamanan data

Untuk kamu yang merasa kurang produktif dalam belajar dan bekerja di rumah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kembali produktivitasmu, di antaranya:

1. Persiapkan diri layaknya pergi ke kantor atau sekolah

Kebiasaan seperti bangun pagi, mandi, dan memakai seragam yang rapi itu justru baik untuk tetap dilakukan selama WFH. Selain membuat fisik dan pikiran kita menjadi lebih segar juga meningkatkan mood kita untuk siap beraktivitas. Orang-orang yang produktif, tidak bekerja dalam kondisi masih memakai baju tidur. Sebaliknya, mereka tetap mempersiapkan diri layaknya akan pergi bekerja di kantor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN