Mohon tunggu...
Defi TriMulyani
Defi TriMulyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Man Jadda wa Jadda

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Problematika Work From Home terhadap Kinerja Guru di Masa Pandemi

3 Juni 2021   00:02 Diperbarui: 3 Juni 2021   00:05 660
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

WHO telah mengumumkan tentang virus Covid-19 diseluruh dunia , Presiden Indonesia H.Jokowi Dodo dalam pidatonya mengintrupsikan masyarakat Indonesia untuk mengurangi kegiatan diluar rumah yang tidak penting termasuk menerapkan  sistem WFH (Work From Home ) pada sekolah serta perguruan tinggi . Ini merupakan langkah strategis  yang diambil oleh pemerintah untuk  melakukan pencegahan penyebaran wabah virus corona yang semakin meluas di Indonesia hingga saat ini.

WFH (Work From Home) bekerja dari rumah . Kemendikbud mengajak para Dosen dan Guru untuk melakukan Work From Home ( bekerja dari rumah ) . Mentri Kemendikbud  menyampaikan bahwa kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dari rumah dengan menggunakan teknologi .Himbauan ini disampaikan oleh Kemendikbud mengenai penghentian sementara aktivitas pembelajaran tatap muka di sekolah maupun perguruan tinggi di daearah yang terdampak virus covid-19. Para pendidik dan tenaga kependidikan juga diimbau tidak perlu datang ke sekolah ataupun kampus.Maka salah satu jalan keluar yang dapat diambil selama masa darurat covid-19 adalah belajar menggunakan media daring.

Menurut Moore, Dicksone --Deane,Galyen  ,Pembelajaran  daring  merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran . Dari sini dimulai masih banyak cara yang harusnya dapat dikembangkan oleh guru demi mengoptimalkan proses belajar. Pembelajaran e-learning merupakan program penyelenggaraan kelas pembelajaran dalam jaringan untuk menjangkau kelompok target yang masif dan luas. Sistem e-learning merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antarguru dan peserta didik, melainkan secara online yang menggunakan jaringan internet. Guru dan peserta didik melakukan pembelajaran bersama, waktu yang sama, dengan menggunakan berbagai aplikasi, seperti whatsapp, telegram, zoom meeting, google meet, google classroom, quiepper school, ruang guru dan aplikasi lainnya.

Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 yaitu:

1. konten materi yang disampaikan secara daring belum tentu bisa dipahami

semua peserta didik. Sebab konten materi ini disajikan dalam bentuk e-book yang disajikan per

bab, materi berbentuk powerpoint, dan dalam bentuk video pembelajaran.

2. kemampuan guru terbatas dalam menggunakan teknologi pada pembelajaran daring.

3. kendala akses internet.

 

Jalan keluar  Pemecahan problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 yaitu:

 1. guru seharusnya menyiapkan materi pembelajaran semenarik mungkin, seperti penyajian materi dalam slide powerpoint disertai video pembelajaran agar materi lebih hidup dirasakan oleh peserta didik;

2. keterbatasan penguasaan IT, guru dapat menggunakan teknologi yang pengoperasiannya lebih sederhana, seperti aplikasi whatsapp.Namun, sedikit demi sedikit guru harus meningkatkan kompetensi IT-nya, antara lain dengan mengikuti workshop terkait, bertanya kepada guru-guru lain yang mempunyai kemampuan lebih di bidang IT dan mengikuti tutorial di youtube yang banyak menyajikan pengenalan aplikasi pembelajaran dan langkah-langkah penggunaannya, serta bagaimana memproduksi video pembelajaran;

3. peserta didik yang "kurang peduli" mengikuti pembelajaran daring, dapat diatasi dengan proaktif menghubungi (via telepon/video call) peserta didik dan orang tuanya secara personal, apabila tidak memungkinkan untuk melakukan homevisit.

Keuntungan dan kekurangan Work From Home (WFH) pada kinerja guru dimasa pandemi covid-19 yaitu :

  • Keuntungan
  • Salah satu keuntungan Work From Home adalah Guru tidak perlu mengikuti jam masuk kantor, dengan bekerja dari rumah anda pun bisa meminimalisir tingkat  kesetresan yang dialami .Selain kemacetan lalu  lintas dari rumah menuju ke sekolah salah satu pemicu stress ialah menumpuknya pekerjaan yang harus diselesaikan apabila tipe guru orang yang dapat mengelolawaktu dengan baik Work From Home tidak akan menjadi masalah ketika stress yang dirasa tidak menjadi beban dan akifitas kerja akan meningkat .
  • Kekurangan
  • Salah satu kekurangan dari Work From Home ialah Guru kehilangan motivasi kerja . Alasannya cukup beragam misalnya suasana kerja tidsk seperti yang diharapkan ,suasana rumah tidak seperti kantor terdistraksi oleh media sosial dan  hiburan lainnya .

Work From Home terhadap kinerja guru dimasa pandemi covid-19 bisa dilakukan dengan efektif apabila baik guru maupun sekolah sama -- sama menjalani nya dengan bertanggung jawab ,kedua belah pihak harus lebih paham mengenai kondisi yang terjadi,serta memberikan perfora yang lebih baik meski terjadi ditempat yang berbeda -- beda. Jangan lupauntuk memaksimalkan komunikasi guna untuk menghindari hal -- hal yang di iinginkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun