Mohon tunggu...
Deffy Ruspiyandy
Deffy Ruspiyandy Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas

Hobi Menulis dan Membaca

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menulis Senikmat Sarapan Pagi

7 Januari 2024   06:10 Diperbarui: 7 Januari 2024   07:14 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Mungkin, karena sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan maka menulis di pagi hari sebuah keasyikkan tersendiri yang dapat dirasakan. Saat itu di kala otak belum terkotori dengan ragam pikiran yang membelenggu maka begitu mudah mengalirkan untaian kata yang dipilih untuk menyampaikan ide dan gaggasan kepada pembaca. Barangkali pengalaman ini dialami oleh penulis yang lain dan sudah menjadi bagian tak terpisahkan khusunya bagi mereka yang bergelut dalam dunia menulis.

Menulis memang membutuhkan kondisi fisik dan pikiran yang fresh sehingga di sana akan memudahkan untuk menuangkan ide dan gagasan melalui tulisan. Oleh karenanya waktu pagi adalah salah satu waktu yang pas bagi menulis. Ini pengalaman penulis saja akantetapi bisa jadi hal dapat terbantahkan oleh yang lain karena bisa jadi banyak penulis lain yang mampu menulis dalam waktu-waktu tertentu yang disesuaikan dengan kesempatan yang mereka miliki.  

Sehingga jika demikian adanya maka menulis bukan lagi menjadi beban melainkan telah menjadi rutinitas yang mesti dijalani. Saat ini tatkala blog atau platform banyak bermunculan tentu saja sangat memudahkan bagi penulis untuk segera menuangkan pemikiran ke template yang telah tersedia. Sehingga saat tulisan telah diselesaikan maka dalam waktu bersamaan tulisan dengan begitu mudah  dishare kepada pembaca sehingga dalam waktu sekejap tulisan itu sudah bisa dinikmati.

Tentu saja bagi penulis yang  sudah menargetkan setiap hari menghasilkan tulisan demi menjaga aktivitas menulisnya maka di waktu pagi dia takkan melewatkan momentum yang ada untuk melakukan kegiatan menulisnya. 

Boleh jadi mood di pagi hari baginya sangat memudahkan dirinya untuk menulis. Memang kita pun tak memungkiri jika penulis memiliki perbedaan bagaimana memilih waktu yang pas untuk menulis. Jelas ini tak bisa dipaksakan karena kebiasaan yang sudah dijalani takkan bisa disamakan dengan kebiasaan penulis lainnya.

Menariknya jika mampu menghasilkan tulisan sepagi mungkin kemudian dishare maka jelas pada saat  bersamaan di sana telah banyak calon pembaca. Jika tulisannya menarik maka boleh jadi orang takkan melewatkannya hingga akan membaca habis tulisan tersebut. 

Justru dengan menulis di pagi hari pun dapat dianggap sebagai strategi unik untuk menumbuhkan minat baca walaupun hal itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Tetapi bagi mereka yang haus akan bacaan adakalanya bangun tidur tentu akan membuka blog,platform atau website yang ada agar bisa segera membaca tulisan yang ada.

Justeru dengan mampu menghasilkan tulisan sepagi mungkin maka tanpa disadari justeru akan memancing untuk menulis lagi yang mungkin beda temanya. Jika seorang penulis memiliki tiga platform atau blog berbeda maka sangat mungkin akan manrgtkan tiga tulisan agar membuat ritme menulisnya semakin terjaga. Sehingga ketika di pagi hari telah mampu menyeelsaikan tulisannya itu menjadi sebuah kenikmatan yang tak terbantahkan karena lepas beban yang ada di benaknnya. 

Orang yang terbiasa menulis jika belum menuangkan gagasan ke dalam tulisan akan menjadi beban dan harus segera dilakukan karena hal itu akan terus menuntutnya sebelum semuanya dilakukan.    

Jelas menulis di pagi adalah kegiatan yang boleh dicoba bagi mereka yang belum terbiasa. Dengan kebiasaan ini maka di pagi hari seenarnya penulis bisa mampu memenuhi target jika yang ditargetkan satu tulisan dalam satu hari. Seorang penulis sangat diharapkan tidak melewatkan kesempatan untuk menulis agar melatih olah pikir dan kemampuan menulisnya hingga terjaga dan setap hari mampu menghasilkan tulisan yang bermanfaat bagi pembaca. 

Semua terkait pembiasaan saja namun bagi mereka yang terbiasa justeru menulis di pagi hari bagi mereka telah dianggap sebagai sarapan yang nikmati. Menulis di pagi hari bisa jadi dapat dianggap sepiring nasi goreng enak sehingga menggugah selera makan di pagi hari dan bsia menghilangkan rasa lapar kita.   

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun