Mohon tunggu...
Defar Badruzaman
Defar Badruzaman Mohon Tunggu... Terang Waktupurnama

Hakikat hidup laksana terangnya purnama.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kondisi Persatuan dan Kesatuan Pemuda Milenial dan Milenium

6 Mei 2021   13:41 Diperbarui: 7 Mei 2021   05:29 177 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kondisi Persatuan dan Kesatuan Pemuda Milenial dan Milenium
Dok. pribadi

Walaupun berbeda-beda tetap satu tujuan dengan dilandasi ideologi Pancasila supaya kesatuan negri ini tetap terjaga menjunjung tinggi nilai-nilai kedaulatan negara Indonesia ada dua masa yaitu zaman dahulu dan zaman sekarang, oleh sebab itu pemuda memiliki peran penting dalam segala aspek. Salah satu diantaranya seperti di lingkungan masyarakat bertujuan untuk membenahi dan memasuki ruang lingkup masyarakat menuangkan energi positif agar tatanan warga masyarakat bersinergi secara universal.

Kondisi pemuda dalam persatuan dan kesatuan di masa depan dan keadaan masa lampau jelas berbeda dengan zaman sekarang. Pada saat itu Indonesia belum merdeka dari penjajahan negara asing seperti Jepang dan Belanda. Dikarenakan kekayaan alam Indonesia sangat melimpah, maka kekayaan alam di negri ini di jajah secara paksa untuk memanfaatkan berbagai kekayaan suatu bangsa itu sendiri. 

Perlawanan para pemuda dan pejuang terhadap penjajah masih berbekal senjata yang sederhana yaitu seperti menggunakan bambu runcing untuk memerdekakan Indonesia di tangan penjajah. Mengapa rakyat kita menerima bangsa asing masuk ke negri kita sendiri, karena pada saat itu minimnya fasilitas pendidikan, serapan ilmu pengetahuan kurang memadai, sehingga sangat mudah untuk dikelabui oleh bangsa asing.

Peristiwa sumpah pemuda adalah perjalanan menuju kemerdekaan Indonesia, namun kedudukan saat itu Indonesia terlepas dari jajahan bangsa asing. Pada pemuda rela menaruhkan, mengorbankan nyawa demi memperjuangkan kemerdekaan, kedaulatan rakyat Indonesia dan kemurnian Pancasila. 

Jikalau ada masalalu pasti akan ada masa yang akan datang, seperti saat ini dizaman milenial, dizaman ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah semakin pesat juga canggih, sehingga dapat memudahkan para pemuda untuk mengemban ilmu pengetahuan. 

Perpecahan seringkali terjadi karena mementingkan kepentingan secara individual, perebutan kekuasaan, tatanan masyarakat tidak terstruktur, disinilah pentingnya peran para pemuda memiliki sikap toleransi agar perpecahan tidak lagi terjadi dipihak manapun.

Dengan adanya sikap toleransi yang ada didalam diri pemuda, maka pemuda tersebut akan memiliki sikap untuk saling menghargai, tidak menjatuhkan dan menjaga keutuhan NKRI.

Pada zaman milenial saat ini marilah kita pertahankan kesatuan dan kesatuan bangsa Indonesia jangan padamkan api Semangat Para pemuda untuk mengamalkan Pancasila.

VIDEO PILIHAN