Mohon tunggu...
Dian Kusumawardani
Dian Kusumawardani Mohon Tunggu... Haloo, saya adalah seorang ibu rumah tangga profesional. Bekerja paruh waktu sebagai pengajar Sosiologi dan Sejarah di BKB Nurul Fikri. Juga suka menulis dan sudah menghasilkan 6 buku antologi dan 1 buku solo. Saya juga seorang konselor laktasi dan blogger.

Home Educator Omah Rame, Pengajar di BKB Nurul Fikri, Konselor Laktasi, Content Creator

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Madu KOJIMA, Nutrisi Lengkap Agar Anak Kuat Puasa

20 April 2021   11:04 Diperbarui: 20 April 2021   11:17 507 13 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Madu KOJIMA, Nutrisi Lengkap Agar Anak Kuat Puasa
Madu KOJIMA | Olahan Pribadi

Tahun ini, si sulung genap berusia 8 tahun. Kami bersepakat mulai tahun ini mengajak si sulung berpuasa penuh. Tentu ini bukan hal yang mudah. Perlu beberapa cara agar si sulung mau dan kuat untuk puasa. Salah satunya dengan memberikan nutrisi lengkap, madu KOJIMA.

Kapan Anak Mulai Berpuasa?

Pembicaraan kapan mulai mengajak anak berpuasa menjadi topik hangat salah satu grup What's App saya. Banyak teman-teman sharing tentang pengalaman mengajak anak berpuasa.

Ada yang bilang mulai usia 3 tahun, ada juga yang 5 tahun. Tentu ini tidak berlaku umum ya, melainkan melihat kondisi masing-masing anak. Kalau kami sendiri mulai mengajak anak berpuasa saat usia 5 tahun. Tentu pada usia tersebut anak belum puasa secara penuh.

Tips Agar Anak Kuat Puasa

Meskipun anak belum berusia baligh, mengajarkan anak berpuasa bisa dimulai sejak kecil. Pembiasaan sedari dini ini bertujuan agar kelak saat anak sudah diwajibkan puasa, anak bisa menjalani puasa dengan baik.

Lalu apa sih yang harus dipersiapkan agar anak kuat puasa?

1. Berikan pemahaman arti puasa

Agar mau diajak puasa, pastikan anak sudah paham arti puasa. Mengapa harus puasa dan apa manfaat dari kegiatan puasa tersebut.

Jelaskan dengan kata-kata sederhana. Tujukkan bahwa orang tua juga menjalankan puasa dengan gembira. Ceritakan bahwa puasa punya banyak manfaat bagi tubuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN