Mohon tunggu...
Dian Kusumawardani
Dian Kusumawardani Mohon Tunggu... Freelancer - Haloo, saya adalah seorang ibu rumah tangga profesional. Bekerja paruh waktu sebagai pengajar Sosiologi dan Sejarah di BKB Nurul Fikri. Juga suka menulis dan sudah menghasilkan 6 buku antologi dan 1 buku solo. Saya juga seorang konselor laktasi dan blogger.

Home Educator Omah Rame, Pengajar di BKB Nurul Fikri, Konselor Laktasi, Content Creator

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Tak Hanya Drama Korea, Anda Bisa Mengenal Korea Lewat Youtube

12 Juli 2020   13:38 Diperbarui: 12 Juli 2020   13:38 794 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal Budaya Korea Lewat Youtube | Pixabay

Budaya Korea semakin menyebar luas ke penjuru dunia. Korea Selatan sukses menyebarkan budayanya ke seluruh dunia. Tak hanya drama nya yang sangat dinanti, makanan khas Korea juga banyak disukai. Bahkan sudah banyak orang di dunia yang mulai fasih berbahasa Korea, bahkan mereka tak segan-segan untuk belajar hangeul,  askara khas Korea.

Korean Wave atau Hallyu
Korea Selatan adalah salah satu negara maju di Asia Timur. Kemajuan ekonomi dan teknologinya, tak membuat Korea Selatan melupakan budayanya. Ditengah gempuran budaya barat, masyarakat Korea Selatan tetap menjunjung tinggi budayanya, bahkan mereka menyebarkan hingga ke penjuru dunia.

Penyebaran budaya Korea yang pesat ini didukung oleh kemajuan teknologi digital mulai akhir abad 21. Budaya Korea tersebar luas ke penjuru dunia, hingga kemudian menjadi budaya populer.

Penyebaran budaya ini dikenal dengan istilah Korean Wave atau Hallyu. Hallyu adalah istilah yang dikeluarkan oleh Korea Selatan untuk menggambarkan kebudayaan Korea yang berhasil menyebar keseluruh dunia. Kebudayaan Korea yang menyebar luar keseluruh penjuru dunia ini mulai dari hiburan, olahraga, berita, politik, mode pakaian, teknologi, pariwisata hingga kosa kata.

Youtube dan Hallyu
Hallyu tidak hanya melalui beragam tontonan khas Korea, seperti drama Korea dan variety show saja. Tetapi kini juga mulai menggunakan youtube. Kini bila anda ingin tahu tentang Korea Selatan, anda cukup menikmati beragam channel youtube.

Youtube adalah sebuah situs berbagi video yang dibuat oleh Chand Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Ketiganya merupakan mantan karyawam PayPal. Youtube yang pertama kali diluncurkan pada Februari 2005 ini memungkinkan penggunanya untuk menggunggajmh, menonton hingga saling berbagi video.

Youtube semakin berkembang pesat. Hampir sepertiga pengguna internet di seluruh dunia mengakses youtube setiap harinya. Bahkan, lembaga riser pasar Statista memprediksi bahwa jumlah pengguna youtube tahun depan akan mencapai angka 1,8 milliar.

Beragam video ada di Youtube. Mulai dari video musik, tayangan televisi, pendidikan, blog pribadi, tutorial hingga seputar Korea. Melihat perkembangan youtube yang semakin masif ini, tidak heran jika banyak konten kreator seputar Korea bermunculan.

Chanel seputar Korea banyak bermunculan. Tidak hanya didominasi oleh para selebriti saja, tetapi juga orang biasa. Banyak juga orang Korea yang membuat konten di Youtube. Menariknya beberapa bahkan menggunakan bahasa Indonesia dalam videonya. Mungkin mereka tahu, banyak orang Indonesia yang sudah jatuh cinta dengan budaya Korea. Selain itu, data menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara pengakses internet nomor dua di dunia. Pasti banyak penonton Youtube yang didominasi orang Indonesia.

Kini, Youtube pun menjadi salah satu agen halyyu yang sangat menjanjikan. Melalui chanel-chanel seputar Korea, pengguna bisa semakin jelas mengetahui budaya Korea. Drama, makanan, wisata, politik, hiburan, pendidikan, parenting, agama dan banyak hal lain seputar Korea bisa dinikmati melalui Youtube.

Rekomendasi Channel Youtube Seputar Korea
Chennel youtube seputar Korea itu banyak lho. Mulai dari chanel youtube belajar bahasa Korea, kehidupan artis Korea, cuplikan acara TV Korea, mukbang, prank ala orang Korea, kehidupan sehari-hari orang Korea dan masih banyak lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan