Mohon tunggu...
Dedy Padang
Dedy Padang Mohon Tunggu... Petani - Orang Biasa

Sedang berjuang menjadikan kegiatan menulis sebagai sarana yang sangat baik untuk menenangkan diri dan tidak tertutup kemungkinan orang lain pula.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bukan tentang Apa-apa

29 Agustus 2020   21:18 Diperbarui: 29 Agustus 2020   21:19 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kertas-kertas yang menjadi korban pencarian inspirasi ku. Dokpri. 

Suatu malam saya benar-benar tidak punya inspirasi untuk membuat sebuah tulisan. Hampir satu jam waktu saya habiskan dengan duduk dan bermenung sendiri dalam kamar yang sepi dan sunyi sesuai dengan kondisi yang saya inginkan.

Saya mengira bahwa saya akan menemukan inspirasi saat saya mengundurkan diri dari keramaian dan masuk dalam kesunyian dengan diri sendiri. Namun yang terjadi ialah saya benar-benar sunyi, baik dalam berpikir pun dalam merasa.

Saya tidak memperoleh apa-apa selain dari pada suatu keadaan diri yang berusaha untuk mendapatkan inspirasi. Ya selalu dalam keadaan berusaha, berusaha dan berusaha. Itulah gambaran diriku saat itu.

Saya mencoba untuk membaca sebuah buku, barangkali akan menemukan inspirasi dari sana. Meskipun saya berusaha untuk menyimak isi buku tersebut tetapi alhasil saya tidak memperoleh apa-apa selain dari pada ingatan tentang isi buku tersebut dan anehnya saya pun tidak tertarik untuk mengulasnya.

Sesungguhnya saat itu saya menyadari bahwasanya saya bukanlah seorang penulis yang hebat. Namun saya percaya satu hal bahwa tidak ada seorang pun yang bisa menjadi hebat jika tidak melalui masa-masa tidak hebatnya yaitu dengan suatu latihan yang tekun dan setia.

Itulah semangatku dan tanpa saya sadari saya sedang menghibur diri karena merasa susah atau juga sedih setelah tidak mendapatkan apa-apa untuk dijadikan sebagai sebuah inspirasi.

Salut bagi mereka yang hebat dalam menulis. Rasa-rasanya, mereka tidak lagi menemukan kesulitan apa pun untuk menulis sesuatu. Kapan saya bisa seperti mereka?

Akhirnya pikiran tanpa inspirasi ini kutuangkan dalam tulisan ini. Saya sadar bahwa isinya hanyalah curahan hati atas pikiran yang tidak mampu menemukan suatu inspirasi untuk menulis. Namun meskipun demikian, ada rasa bangga tersendiri karena telah menghasilkan sebuah tulisan. Sebuah tulisan tentang tanpa inspirasi.

Saya tidak lagi berpikir tentang kualitasnya karena bagaimana mungkin mengupayakan suatu kualitas jika usaha masih tertuju pada pencarian akan inspirasi. Saya hanya mencurahkan isi hati tentang tidak mendapatkan inspirasi untuk menulis.

Dan ternyata itulah inspirasinya bagiku yaitu tidak menemukan inspirasi. Jadi tulisan ini bukan tentang apa-apa selain dari pada tentang curahan hati yang tidak menemukan inspirasi untuk menulis. Semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun