Mohon tunggu...
Dede Nurhayati
Dede Nurhayati Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang mahasiswa semester 5 di universitas Majalengka

Maju tak gentar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tantangan Pendidikan Islam di Era Globalisasi

13 Februari 2021   11:31 Diperbarui: 13 Februari 2021   11:42 1025
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Arus globalisasi saat ini menimbulkan banyak sekali perubahan dari segala aspek kehidupan. Perubahan ini tidak dapat dihindari akibat ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih. Hal ini menggugah kesadaran masyarakat umum akan pentingnya pendidikan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan kewajiban bagi mereka.

Di era globalisasi ini, Dunia pendidikan mau tak mau harus menerima perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang sebagian besar bersumber dari negara-negara barat seperti: televisi, handphone, komputer dan lain-lain, tidak terkecuali pendidikan Islam yang tidak bisa lepas dari fenomena globalisasi ini, karena tidak mungkin pendidikan Islam hanya melalui cara-cara dasar yang seperti ceramah dalam menyampaikan materi. Tetapi pendidikan yang berbasis teknologi dalam penyampaiannya yang kekinian. SebagaiSebagai agen perubahan sosial, pendidikan Islam yang berada dalam atmosfer modernisasi dan globalisasi dewasa ini dituntut untuk mampu memainkan perannya secara dinamis dan proaktif. Kehadirannya diharapkan mampu membawa perubahan dan kontribusi yang berarti bagi perbaikan umat Islam, baik pada tataran intelektual teoritis maupun praktis. Pendidikan Islam bukan sekedar proses penanaman nilai moral untuk membetengi diri dari akses negatif globalisasi, tetapi yang paling penting adalah bagaimana nilai-nilai moral yang telah ditanamkan pendidikan Islam tersebut mampu berperan sebagai kekuatan pembebas (liberating force) dari impitan kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan sosial budaya dan ekonomi.

Walaupun demikian umat Islam harus bisa membentengi pendidikan Islam itu sendiri. Apabila tidak bisa melakukannya maka yang akan terjadi adalah pendidikan Islam akan melenceng dari ajaran-ajaran Islam Nabi ketika perjalanan hidup tidak lepas dari teknologi yang berjalan cepat dihadapan umat Islam. Maka tidak seharusnya mereka hanya menyibukkan dirinya dengan kehidupan yang berbau teknologi tetapi yang harus mereka lakukan yaitu menerima globalisasi tanpa harus melupakan perbuatan dalam ajaran Islam untuk mendapat kebahagiaan dunia akhirat.

B.Fokus penelitian

 Pembahasan difokuskan pada bagaimana karakteristik era Globalisasi? Bagaimana tantangan globalisasi terhadap pendidikan Islam? Bagaimana strategi pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan globalisasi? Data diperoleh melalui studi kepustakaan kemudian dianalisis relevansinya dengan Fakta aktual yang terjadi dewasa ini. Ada tiga tantangan utama yang kini dihadapi Oleh pendidikan Islam, yaitu kemajuan iptek, demokratisasi, dan dekadensi moral. PadaPada intinya lembaga-lembaga pendidikan Islam harus mereformasi kurikulumnya Agar dapat menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saingDalam menghadapi kompetisi global.

C.Tujuan penelitian

Tujuan penelitian adalah untuk mengekspolasi keniscayaan pendidikan Islam di Era Globalisasi dikaji secara Konsepsi dan Aplikasi. Sedangkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi teoritis dan kontribusi praktis. Dimana kontribusi teoritis dapat dijadikan paradigma baru bagi peneliti berikutnya untuk melakukanstudi tentangpendidikan Islam di Era Globalisasi: Antara Konsepsi dan Aplikasi. Sementara kontribusi praktis, bahwa pendidikan Islam sangat relevan dan representatif untuk direalisasikan secara konsepsi dan aplikasi di era globalisasi saat ini, dimana disiplin ilmu ini selalu muttakhir, aktual, berkembang serta update pada setiap era dan generasi.Selanjutnya, penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) dengan cara menela’ah berbagai literatur terkait dengan “Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Antara Konsepsi dan Aplikasi”, secara prioritas literatur yang ditulis oleh para pakar pendidikan Islam klasik dan kontemporer. Sedangkan metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifdananalisis. Sementara prosedur pengolahan data, digunakan Content Analysis. Mencermati paparan di atas, maka temuan penelitian yang diharapkan adalah “Desain Pendidikan Islam di Era Globalisasi”, dimulai dari desain tujuan pendidikan Islam, desain kurikulum pendidikan Islam, dan desain lembaga pendidikan Islam.

PEMBAHASAN

A.Deskripsi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun