Mohon tunggu...
dede muklis
dede muklis Mohon Tunggu... Lainnya - newbie

amatir

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pemuda dan Indonesia Emas 2045

1 Mei 2020   23:10 Diperbarui: 2 Mei 2020   00:00 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pada tanggal 30 desember 2015, Presiden Joko Widodo menuliskan tujuh butir impiannya untuk Indonesia pada 2085. Impian tersebut dituangkan ke dalam secarik kertas di saat presiden mengunjungi merauke, papua. Adapun isi dari impian tersebut ialah

  • Sumber daya manusia Indonesia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.
  • Masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.
  • Indonesia menjadi pusat pendidikan, teknologi dan peradaban dunia.
  • Masyarakat dan aparatur pemerintah yang bebas dari perilaku korupsi.
  • Terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.
  • Indonesia menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik.
  • Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Namun demikian, ketujuh impian Indonesia tersebut harus selalu berdasarkan butir-butir sila dalam Pancasila agar visi Indonesia tercapai, yakni berdaulat, maju, adil dan makmur.

Untuk mecapai impian Indonesia tersebut, pencapaian visi Indonesia 2045 didukung oleh 4 pilar utama, yaitu: 1) pembangunan SDM dan penguasaan Iptek, 2) perkembangan ekenomi berkelanjutan, 3) pemerataan pembangunan, dan 4) ketahanan nasional dan tatakelola pemerintahan.

Impian tersebut dapat menjadi arah pembangunan indonesia, denganya terdapat pedoman dan jalan yang terarah menuju hal yang lebih baik. Proses dalam mewujudkannya berliku dan memiliki banyak rintangan.

Dengan itu dibutuhkan penggerak dan juga pemberi contoh untuk generasi tersebut agar bisa menjadi apa yang diharapkan nantinya, disitulah peran pemuda. Berdasar pada sejarah, pemuda merupakan unsur yang menarik dan esensial dalam suatu gerakan perubahan. di dalam jiwa pemuda terdapat kerelaan berkorban demi cita-cita. Di dalam pemuda terdapat api idealisme yang tidak menuntut balasan, baik berupa uang atau kedudukan. Kehadiran pemuda tidak bisa dielakan merupakan kunci penting dalam mencapai impian untuk generasi indonesia emas 2045. (Widyanto, 2010)

demi mencapai indonesia emas 2045 hal yang paling vital adalah pendidikan. Arah kebijakan pendidikan dan kebudayaan Indonesia mengacu pada dokumen Sustainable Development Goals (SDGs) yang disepakati pada tanggal 21 Mei 2015 oleh para utusan dari 160 negara melalui the World Education Forum 2015 yang diorganisasi oleh UNESCO bersama UNICEF, the World Bank, UNFPA, UNDP, UN Women dan UNHCR, yang diselenggarakan di Incheon, Republic of Korea, 19 -- 22 Mei 2015.

Dengan tujuan untuk memastikan pemerataan pendidikan dasar, kejuruan dan pendidikan tinggi yang berkualias dan terjangkau baik untuk anak anak, perempuan, laki laki. Juga meningkatkan generasi siap kerja yang berkualitas dan terampil. Juga memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait pembangunan berkelanjutan.

untuk mencapai tujuan pendidikan dalam era Generasi Emas 2045, ditetapkan sasaran pendidikan dalam tiga tahap(Triyono & Dharma, 2018):

Tahap pertama (2016-2025), pembangunan pendidikan difokuskan pada peningkatan kapasitas satuan pendidikan sebagai penyelenggara pendidikan dalam memperluas layanan dan meningkatkan modernisasi penyelenggaraan proses pembelajaran serta mendorong penguatan layanan sehingga pendidikan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Tahap kedua (2026-2035), pembangunan pendidikan direncanakan sebagai tahap mewujudkan manusia Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur melalui percepatan pembangunan di segala bidang dengan struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif. Untuk mencapai tujuan pendidikan tahap kedua ini pemerintah memprioritaskan Penguatan Pendidikan Karekter.

Tahap ketiga (2036-2045) pembangunan pendidikan diarahkan pada meningkatnya taraf pendidikan rakyat Indonesia yang mampu menciptakan SDM unggul dan berdaya saing internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun