Mohon tunggu...
Dede Ahmad Ramdhan
Dede Ahmad Ramdhan Mohon Tunggu... Freelancer - RA94

Punten Numpang Nulis

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Formula 1 Bawa Balapan ke Jalanan Kota Madrid

24 Januari 2024   11:45 Diperbarui: 24 Januari 2024   11:54 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
F1 CEO Stefano Domenicali  mengumumkan Balapan F1 di Madrid (diedit dari nbc connect dan formularapida.net)

Formula 1 akan menambahkan balapan teranyarnya di Spanyol mulai tahun 2026 setelah malam kemarin (23 Januari 2024) mengkonfirmasi Grand Prix Madrid, yang direncanakan akan digelar sampai 2035.

Kejuaraan ini akan dihelat di venue pameran IFEMA dan akan menggunakan sirkuit sepanjang 3,39 mil (5,4 KM) yang mengelilingi kompleks serta beberapa jalan setempat dengan sekitar 20 belokan. Dengan prediksi waktu putaran lap saat kualifikasi sekitar 1 menit 32 detik.

Layout Sirkuit GP Madrid yang direncanakan (formula1.com)
Layout Sirkuit GP Madrid yang direncanakan (formula1.com)
IFEMA Madrid, sendiri terletak dekat dengan bandara internasional Madrid dan dapat diakses kurang dari setengah jam dari pusat kota dengan kereta.

Hal ini dianggap penting  karena mereka memperkirakan 90% dari 110.000 penonton akan dapat menggunakan transportasi umum untuk menghadiri acara ini, menjadikannya salah satu "acara F1 paling 'sustainable' dalam musim ini."

F1 sebelumnya belum pernah mengadakan balapan di ibu kota Spanyol ini. GP jalanan kali ini bukan balapan jalanan yang biasa, tetapi lebih mirip dengan lintasan hybrid seperti Grand Prix Miami, Australia dan Kanada, dengan memanfaatkan lahan yang F1 sebut"street and non-street sections."

Bagaimana dengan Barcelona?

Sirkuit de Barcelona-Catalunya (ichef.bbci.co.uk)
Sirkuit de Barcelona-Catalunya (ichef.bbci.co.uk)

Sama seperti konflik di La Liga, permasalahna di GP Spanyol ini memperlibatkan kota barcelona dan Madrid. dan tentunya keputusan ini juga menimbulkan pertanyaan serius tentang nasib venue F1 di Barcelona, yang merupakan kota terbesar kedua di Sepanyol tersebut.

Circuit de Barcelona-Catalunya telah menjadi tuan rumah 33 Grand Prix sejak pertama kali muncul di kalender pada tahun 1991, menjadikannya lintasan F1 Spanyol yang paling sering digunakan.

Meskipun demikian, lintasan ini kesulitan meyakinkan F1 bahwa ia layak mendapatkan tempat di kalender F1 dan dianggap belum sebanding dengan  venue klasik Eropa lainnya seperti Silverstone, SPA, Monza dll dalam hal layanan dan hiburan.

Balapan Madrid yang dimulai pada tahun 2026, seiring dengan berakhirnya kontrak Sirkuit de Barcelona-Catalunyaakan, sehingga setidaknya nanti ada satu musim dimana dua F1 GP diselenggarakan di Spanyol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun