Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana, dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Hasil MotoGP Emilia Romagna 2021: Gejolak Drama yang Happy Ending untuk Yamaha

25 Oktober 2021   01:06 Diperbarui: 25 Oktober 2021   20:15 881 38 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Yamaha berpesta untuk juara dunia Fabio Quartararo di Emilia Romagna (24/10). Sumber: AFP/Andreas Solaro/via Kompas.com

Dramatis! Ini yang saya pikir ketika menonton MotoGP di seri Emilia Romagna (24/10). Bahkan, sebelum balapan dimulai, saya melihat ada bumbu drama yang sudah tersebar di barisan start pembalap.

Itu bisa ditandai dengan posisi start Fabio Quartararo yang jauh dari posisi terdepan yang justru diisi oleh Francesco Bagnaia. Dua pembalap ini adalah petarung terakhir yang memperebutkan juara dunia MotoGP 2021.

Quartararo yang sedang memimpin klasemen, sebenarnya mempunyai syarat yang berat jika ingin mengunci gelar juara di seri ini, yaitu finis di depan Bagnaia. Namun, syarat itu terlihat makin berat ketika dirinya harus memulai balap dari posisi ke-15.

Hal ini tidak lepas dari faktor cuaca yang selama Jumat dan Sabtu dilanda hujan. Ini membuat Quartararo tidak mendapatkan kenyamanan dalam memacu motornya di kecepatan yang ideal.

Tentu, faktor menjaga peluang untuk juara dunia juga membuat Quartararo harus bermain aman. Berbeda dengan pembalap lain yang berusaha memanfaatkan situasi hujan untuk merangsek ke depan.

Termasuk Bagnaia yang memang harus totalitas di seri ini, jika dirinya ingin tetap merawat asa juara dunia musim ini. Faktor karakter motor yang mendukung di trek basah juga membuat Bagnaia harus tampil cepat dan memulai balap dari depan.

Keuntungan itu yang kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh Bagnaia selepas balapan dimulai. Tidak ada perubahan posisi pada dua pembalap terdepan, karena Jack Miller yang start dari posisi kedua juga langsung "mengawal" Bagnaia dari belakang.

Baca juga: Misteri Podium Bagnaia di COTA 2021

Apa yang dilakukan Miller jelas penting, karena tidak ada yang bisa menjamin bahwa posisi Bagnaia akan tanpa gangguan. Apalagi, Marc Marquez yang dalam beberapa seri terakhir terus mengganggu posisi Bagnaia terlihat mampu melakukan start dengan baik.

Tidak hanya Marquez yang berbahaya, Pol Espargaro dan lainnya juga punya potensi merebut "teritori" Bagnaia. Itulah kenapa, Miller harus berjuang di belakang Bagnaia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan