Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

MotoGP Le Mans 2021: Hujan Bikin Banyak Kejutan

16 Mei 2021   23:39 Diperbarui: 17 Mei 2021   14:43 293 23 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
MotoGP Le Mans 2021: Hujan Bikin Banyak Kejutan
MotoGP 2021 seri kelima di Le Mans, Prancis (16/5). Sumber: Motogp.com

Seri kelima MotoGP 2021 digelar di Sirkuit Le Mans, Prancis (16/5). Ini adalah kandang bagi Fabio Quartararo (Yamaha Monster Energy) dan Johann Zarco (Pramac Ducati).

Keduanya juga berhasil mengisi posisi start di dua baris depan dengan Quartararo meraih pole position. Awalan yang bagus untuk membuka asa bagi Quartararo untuk dapat menebus kegagalannya menang di Jerez (2/5).

Namun, balapan harus berjalan dengan kondisi basah, karena hujan mengguyur lintasan saat balapan baru dimulai. Para pembalap pun mendapatkan kesempatan untuk mengganti motor dengan ban untuk trek basah.

Di sinilah drama dan kejutan dimulai. Beberapa pembalap terlihat bandel dengan tidak mau segera mengganti motornya, sedangkan beberapa pembalap segera mengganti motornya.

Saat seperti ini pandangan juga mengarah ke sosok ahli balapan flag to flag, yaitu Marc Marquez. Tidak butuh waktu lama bagi Marquez untuk dapat memanfaatkan situasi dengan berada di depan, membuntuti Fabio Quartararo.

Keduanya kemudian menuju pitlane bersamaan, bahkan dengan posisi motor side by side. Kakak Alex Marquez ini juga segera menuju ke lintasan lebih cepat dari pembalap lain.

Motor Marquez (kiri/oranye) masuk berdampingan dengan motor Quartararo (kanan/biru). Sumber: Motogp/Transmedia/Trans7
Motor Marquez (kiri/oranye) masuk berdampingan dengan motor Quartararo (kanan/biru). Sumber: Motogp/Transmedia/Trans7
Pada waktu yang sama, justru ada pembalap yang mengalami kecelakaan, yaitu Joan Mir. Nahasnya, sang juara bertahan gagal melanjutkan balapan.

Suzuki sepertinya sedang apes, karena Rins juga terjatuh setelah keluar dari pit. Padahal, dia hanya akan menikung tanpa membuka gas tinggi.

Pembalap lain yang mengalami kecelakaan adalah Franco Morbidelli. Namun, karena balapan berjalan flag to flag, maka Morbidelli berupaya membawa motor kembali ke pit.

Itu adalah syarat agar pembalap masih dapat melanjutkan balapan dalam situasi flag to flag. Sayangnya, itu tidak dilakukan Mir.

Mungkin, karena motornya sudah rusak. Atau, karena dia yang memang kurang berpikir jernih dan langsung kembali ke pit tanpa mengendarai motornya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN