Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Inilah 7 Pemain yang Masih Diandalkan Timnasnya

17 Oktober 2020   12:18 Diperbarui: 18 Oktober 2020   09:34 417 21 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah 7 Pemain yang Masih Diandalkan Timnasnya
Olivier Giroud tampil bagus kala timnas Prancis bertemu Ukraina (8/10). Gambar: AFP/Franck Fife via Kompas.com

Berbicara tentang sepak bola tidak akan lepas dari pertandingan level klub dan tim nasional (timnas). Kini, pertandingan sepak bola juga semakin intensif di level timnas, seperti dengan adanya UEFA Nations League untuk menyajikan pertarungan timnas dari zona Eropa.

Keberadaan ajang tersebut, membuat para pemain dari Eropa tidak hanya berkutat pada persaingan sengit di level klub, tapi juga di level timnas. Hal ini lebih terasa ketika UEFA membuat liga antarnegara tersebut.

Sedangkan di zona lain, seperti Amerika Selatan (CONMEBOL), Amerika Utara (CONCACAF), Asia (AFC), dan lainnya masih memiliki jadwal padat seperti kualifikasi Piala Dunia. Ajang ini selalu hadir dengan memanfaatkan kalender FIFA.

Bagi yang tidak mengikuti atau tersisih cepat dari ajang tersebut, juga bisa memanfaatkan jadwal tersebut untuk mengadakan pertandingan persahabatan. Itu sangat berguna untuk mencari poin untuk peringkat FIFA yang biasanya diperbaharui tiap bulan.

Lalu, jika membicarakan tentang pertandingan timnas, maka tidak bisa lepas pula dari kabar-kabar pemanggilan pemainnya. Biasanya pemanggilan pemain untuk timnas sangat berkaitan dengan performa pemain di level klub.

Semakin sering bermain dan konsisten di performa yang bagus, maka peluang dipanggil timnas akan terbuka. Begitu pun jika si pemain berhasil direkrut dan bermain di klub besar. Peluangnya juga besar untuk dipanggil timnas.

Namun, jika merujuk pada tujuh nama yang dihimpun di dalam tulisan ini, tidak semua pemain tersebut dipanggil timnasnya berdasarkan dua faktor mendasar tersebut.

Mereka malah ada yang terlihat hanya bermodalkan pengalaman saja. Atau, nama klub yang dibelanya saja. Hingga faktor--masih ada--kepercayaan dan kebutuhan pelatihnya.

Siapa saja mereka?

Paul Pogba
Sebenarnya pemain ini memenuhi dua persyaratan mendasar dari pemanggilan timnas tersebut. Namun, dalam beberapa waktu terakhir ini Pogba memiliki satu permasalahan, yaitu konsistensi terhadap penampilannya.

Hal ini terlihat saat ia berada di Manchester United di musim kompetisi 2019/20 dan awal musim 2020/21. Jika dibandingkan dengan performanya di Juventus, Pogba yang di Old Trafford seperti berbeda dengan Pogba di Turin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN