Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Akhirnya Ada Pebalap Prancis Juara di MotoGP

20 Juli 2020   01:21 Diperbarui: 20 Juli 2020   01:35 108 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Akhirnya Ada Pebalap Prancis Juara di MotoGP
Fabio Quartararo juara seri perdana MotoGP 2020. Gambar: Twitter/MotoGP

Dalam dua dekade terakhir jika mendengar atau membaca istilah MotoGP, pasti banyak yang membayangkan nama Valentino Rossi dan negara Italia. Begitu pun dalam waktu 5 tahun terakhir, kita mulai memikirkan tentang Marc Marquez dan Spanyol.

Hal ini lumrah, karena dua nama itu sedang menjadi ikon dengan generasi yang berbeda. Valentino Rossi adalah perwakilan generasi lama MotoGP era modern. Sedangkan Marc Marquez adalah generasi baru.

Keduanya kemudian menghasilkan dua kubu yang berbeda dalam mendominasi ajang balap motor paling bergengsi ini. Italia vs Spanyol.

Sejak kekuatan Valentino Rossi memudar, gaung Italia terlihat juga kurang terdengar. Ditambah dengan fakta bahwa pemenang MotoGP sejak 2011 adalah pembalap dari Spanyol.

Hanya Australia (2011) dengan pembalapnya Casey Stoner (Repsol Honda) yang pernah memotong dominasi Spanyol, yang mana sebenarnya sudah terlihat sejak musim 2010. Di akhir musim tersebut, pemenangnya adalah Jorge Lorenzo yang merupakan pembalap Spanyol.

Sejak itu, pembalap Spanyol menggila dengan menempatkan Jorge Lorenzo (2012 dan 2015) yang disusul segera oleh Marc Marquez untuk merengkuh juara dunia MotoGP (2013-2019). Kehadiran dua pembalap ini kemudian memotivasi pembalap Spanyol lain untuk menjadi yang terdepan.

Seperti Maverick Vinales, Alex Rins, Joan Mir, hingga Alex Marquez. Mereka kemudian masih berupaya bersaing dengan pembalap Italia seperti Danilo Petrucci, Franco Morbidelli, dan tentunya Francesco Bagnaia.

Baca juga: Apa Pengaruh Julukan Baru pada Andrea Dovisiozo?

Di duel teratas, masih menempatkan pembalap Italia dan Spanyol, yaitu Andrea Dovizioso, Valentino Rossi dan Marc Marquez. Seiring berjalannya waktu Rossi merelakan duel teratas untuk Dovizioso dan Marquez, begitu pun dengan Jorge Lorenzo yang pensiun pasca membela Repsol Honda.

Lalu, di mana pembalap dari negara lain?

Jika melihat kurun waktu yang sama dengan munculnya dominasi pembalap Spanyol, MotoGP juga masih diikuti oleh pembalap asal negara lain. Seperti Inggris dengan Cal Crutchlow dan Bradley Smith, Australia dengan Jack Miller, hingga kini ada Brad Binder yang merupakan pembalap asal Afrika Selatan.

Prancis pun sempat diwakili Loris Baz, meski kariernya hanya sebentar. Hingga akhirnya negeri dengan landmark Menara Eiffel itu menaruh harapan kepada Johann Zarco.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN