Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Situs IndoXXI Akan Dihapus, Pemerintah Sudah Punya Solusi untuk Menggantinya?

22 Desember 2019   07:17 Diperbarui: 22 Desember 2019   20:04 8545 18 6 Mohon Tunggu...
Situs IndoXXI Akan Dihapus, Pemerintah Sudah Punya Solusi untuk Menggantinya?
Ilustrasi menonton film dari situs pengunduhan ilegal. (Dialeksis.com)

Menurut penulis, menghapus sesuatu yang sudah menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Artinya, siapapun itu yang bertindak -termasuk pemerintah- harus memiliki solusi yang tepat dan dapat menawarkan pengganti dari "kehilangan" yang dirasakan oleh masyarakat.

Memang, tidak hanya IndoXXI yang menjadi situs download film ilegal di Indonesia. Namun keberadaan IndoXXI jauh lebih besar pengaruhnya dibandingkan situs lain.

Karena situs ini bisa dikatakan lebih lengkap dalam menyediakan film, yang bahkan film terbaru pun ada yang sudah dapat diunduh dari situs ini. Setidaknya dalam kurun waktu yang tidak terlalu jauh dari perilisan resmi filmnya di bioskop.

Artinya, tidak begitu mengherankan jika situs tersebut menjadi perhatian masyarakat termasuk pemerintah. Biasanya, apa yang menjadi konsumsi publik secara luas, pada akhirnya juga sampai ke pemerintah dan disanalah pemerintah mulai menganalisis dampak dari yang terjadi pada masyarakat -fenomena sosial. Yaitu, kecanduan mengunduh film secara ilegal dibandingkan menonton langsung di bioskop.

Apakah di sini masyarakat dapat dianggap sebagai pihak yang salah? Sebenarnya sulit untuk menentukan siapa yang salah, apakah masyarakat atau pihak penyedia situs unduh tersebut. Karena, besarnya pengaruh IndoXXI juga dikarenakan banyaknya pengunjung situs tersebut (masyarakat). Artinya, pasti ada hukum sebab-akibat.

Tampilan situs unduh film ilegal yang terkenal di Indonesia. (Indozone.id)
Tampilan situs unduh film ilegal yang terkenal di Indonesia. (Indozone.id)
Pertama, adanya kepuasan dari masyarakat terhadap penyediaan film di situs tersebut. Ketika situs tersebut selalu mampu memperbarui koleksi filmnya, maka masyarakat pasti akan berduyun-duyun ke sana.

Kedua, keberadaan pihak di balik penyedia situs unduh film ini juga perlu diperhatikan. Bisa saja di balik keilegalan tersebut, ternyata ada yang memang mampu memasok film-film itu hingga dapat dinikmati masyarakat seperti yang selama ini diketahui bersama.

Semakin situs itu mampu seperti hukum sebab-akibat yang pertama, maka ada kemungkinan bahwa situs tersebut memiliki jaringan yang bagus untuk menyediakan film-film tersebut.

Dua hukum ini yang sebenarnya perlu dianalisis -oleh pemerintah- lalu diketahui apa yang harus dilakukan. Apakah hanya sekadar menghapus situs tersebut? Apakah penghapusan itu juga diikuti dengan keberadaan peraturan tertentu yang memperketat keberadaan situs download film ilegal? Apakah pemerintah juga menyediakan solusi lain yang dapat diterima oleh masyarakat?

Tentu ada yang menanyakan tentang masyarakat yang mana, dan di sini penulis sulit untuk menyebut jika masyarakat yang sangat membutuhkan situs download film ilegal seperti IndoXXI adalah kaum menengah-bawah. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa yang sangat menantikan keberadaan film-film di situs download tersebut adalah kaum menengah-atas.

Mengapa?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x