Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Di Balik Film-film Joko Anwar

4 Oktober 2019   18:33 Diperbarui: 4 Oktober 2019   23:24 55 8 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Balik Film-film Joko Anwar
Joko Anwar saat mempromosikan film terbarunya. (Suara.com)

Sebenarnya topik ini tidak harus menggunakan film-film dari Joko Anwar. Namun, karena Joko Anwar saat ini sedang berada di level terbaiknya dalam berkarya di bidang sineas Indonesia, maka sangat perlu bagi kita untuk mencoba mencari teladan ataupun kiat-kiat sukses darinya.

Hal ini dapat diperantarai dengan keberadaan film-film yang berhasil dia garap.

Film yang digarap Joko Anwar (sebagai sutradara):
Janji Joni (2005), cast: Nicholas Saputra, Mariana Renata, Rachel Maryam, Surya Saputra 2, Fedi Nuril, Gito Rollies.
Kala (2007), cast: Fachri Albar 3, Ario Bayu 5, Shanty, Fahrani, August Melasz, Sujiwo Tejo.
Pintu Terlarang (2009), cast: Fachri Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu.
Modus Anomali (2012), cast: Rio Dewanto 2, Hannah Al Rasyid 2, Marsha Timothy, Surya Saputra, Izzati Amara Isman.
A Copy of Mind (2015), cast: Tara Basro4, Chicco Jerikho, Ario Bayu.
Pengabdi Setan (2017), cast: Tara Basro, Bront Palarae 2, Dimas Aditya, Ayu Laksmi, Asmara Abigail 3, ada Fachri Albar di akhir.
Gundala (2019), cast: Abimana Aryasatya, Tara Basro, Bront Palarae, Ario Bayu, Rio Dewanto, Lukman Sardi, Marissa Anita 2, Cecep Arif Rahman, Hannah Al Rasyid, Asmara Abigail, Kelly Tandiono, dll.
Perempuan Tanah Jahanam (2019), cast: Tara Basro, Christine Hakim, Asmara Abigail, Ario Bayu, Marissa Anita.

Dari 8 film tersebut, Ario Bayu sebenarnya menjadi aktor terbanyak yang bermain di film Joko Anwar. Sejak 2007, pria yang pernah tinggal di Australia ini sudah bekerja sama dengan Joko Anwar. Namun, untuk pemeran yang saat ini paling banyak dibicarakan adalah Tara Basro yang sudah terlibat di 4 film Joko Anwar.

Torehan ini sudah melebihi keterlibatan Fachri Albar yang muncul di 2 film Joko Anwar sebagai pemain utama dan di film ketiganya bersama Joko Anwar, Pengabdi Setan. Walau, di situ dia hanya muncul di akhir.

Tara Basro terpilih menjadi Maya di Perempuan Tanah Jahanam yang akan rilis 17 Oktober 2019. (Beritagar.id)
Tara Basro terpilih menjadi Maya di Perempuan Tanah Jahanam yang akan rilis 17 Oktober 2019. (Beritagar.id)
Keberadaan Ario Bayu, Tara Basro, Fachri Albar, dan Asmara Abigail (juga terlibat di 3 film Joko Anwar) cukup memperlihatkan cara kerja Joko Anwar yang sangat percaya dengan aktor-aktor yang pernah bekerja sama dengan dirinya.

Hal ini juga tidak lepas dari keberhasilan mereka dalam berperan di filmnya. Bahkan Ario Bayu, Tara Basro, dan Fachri Albar termasuk aktor di film Joko Anwar yang berhasil mengantarkan pria kelahiran Medan ini untuk meraih berbagai gelar (Kala, Pintu Terlarang, dan Pengabdi Setan).

Baca: Enam Film Joko Anwar (Kumparan.com)

Sebenarnya, cara kerja yang dilakukan oleh Joko Anwar -mempercayakan peran di filmnya diperankan aktor yang sama, bukanlah hal baru. Bahkan di lingkup yang tak terekspos oleh media dan di bidang non-kesenian juga terdapat praktik kerja sama seperti yang dilakukan Joko Anwar. Lalu, apa yang membuat praktik kerja sama seperti Joko Anwar ini terlihat ideal*?

Di dalam praktik kerja sama, biasanya terdapat tiga hal yang dapat melatarbelakanginya. Yaitu, kecocokan, jaringan pertemanan, dan pertimbangan kualitas.

Setiap orang yang akan menjalin kerja sama, perlu kecocokan terlebih dahulu. Di sini yang perlu dipertimbangkan adalah keselarasan visi dan misi. Ketika dua hal ini sejalan, maka eksekusi kerjasamanya akan terwujud.

Baca: Joko Anwar pilih Abimana sebagai Gundala (Seleb.Tempo.com)

Selain kecocokan, praktik kerja sama sangat membutuhkan jaringan pertemanan. Si A berteman dengan si B, lalu si B punya teman si C. Ketika si A butuh tambahan orang, maka si B akan merekomendasikan si C.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x