Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola dan Penulis Gadungan, Cinta Indonesia. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Cantiknya Sepak Bola Wanita dan Piala Dunia Wanita 2019

5 Juli 2019   20:40 Diperbarui: 5 Juli 2019   20:48 0 6 3 Mohon Tunggu...
Cantiknya Sepak Bola Wanita dan Piala Dunia Wanita 2019
Timnas Amerika Serikat kampiun PDW 2015. (engadget.com)

Selama bulan Juni-Juli 2019 ini, penikmat sepakbola disuguhkan beberapa turnamen internasional. Di antaranya adalah Copa America, UEFA Nations League (sudah berakhir dan dimenangkan timnas Portugal), juga tak ketinggalan adalah Piala Afrika. Namun, penikmat sepakbola di Indonesia tak bisa berpaling dari turnamen besar lainnya yang rupanya lebih menyedot perhatian gibolers (para penggila bola) khususnya di Youtube. Yaitu, Piala Dunia Wanita 2019.

Piala Dunia versi wanita ini digelar di Prancis. Di negara pemenang Piala Dunia 2018 (versi laki-laki) ini beberapa momen di setiap pertandingan terlihat sangat menarik untuk disaksikan. 

Di antaranya adalah keberhasilan timnas Thailand berlaga di turnamen ini sebagai salah satu wakil Asia sekaligus satu-satunya wakil Asia Tenggara di pentas sepakbola tertinggi di level wanita. 

Begitu pula dengan asa publik tuan rumah yang menginginkan timnas wanitanya dapat mengikuti jejak timnas laki-lakinya; menjadi kampiun Piala Dunia. Namun sayangnya hal itu tak terjadi.

Perlu diketahui, turnamen ini sudah berlangsung sampai semi final. Artinya, tinggal menantikan laga final yang akan digelar pada 7 Juli 2019. Namun sebelum laga puncak itu tergelar, akan ada pertandingan yang tak kalah seru, yaitu, pertandingan perebutan tempat ketiga (juara tiga). 

Laga itu mempertemukan dua timnas yang terluka di semi final, yaitu Inggris dan Swedia. Terkhusus pada Swedia, ini adalah laga penting mereka, karena mereka sudah berhasil menunjukkan permainan luar biasa selama turnamen ini berlangsung.

Bahkan, di laga semi final, mereka mampu mengunci permainan lawan yang dijagokan menang; Belanda. Nahasnya, prediksi publik benar terjadi dan membuat Swedia harus mampu menyelesaikan turnamen sebagai yang terbaik ketiga.

Sayangnya, lagi-lagi lawan mereka adalah tim yang lebih dijagokan dan berpengalaman di turnamen terakbar di kalangan sepakbola wanita tersebut. Timnas Inggris lebih dijagokan keluar sebagai juara tiga dibandingkan Swedia. Apalagi mereka adalah tim kedua yang dikandidatkan sebagai peraih gelar juara. Karena final kepagian sudah terjadi di semi final -bertemu AS- maka Inggris harus tidak mengecewakan publik Inggris dengan mengalahkan tim kuda hitam Swedia di laga "final".

Perlu diketahui juga, jika Piala Dunia Wanita (PDW) ini berlangsung sejak 1991 dan seperti PD versi laki-laki yang tergelar setiap 4 tahun sekali. Namun, PDW digelar di tahun ganjil. 

Di turnamen ini timnas AS adalah tim tersukses dengan 3 gelar juaranya. Sehingga, dengan keberhasilan mereka kembali menjejak final, akan membuka peluang mereka untuk merengkuh juara kali keempat dan semakin mengukuhkan diri sebagai timnas terbaik di PDW.

PDW yang ke-7 digelar di Prancis. (Starsandstripesfc.com)
PDW yang ke-7 digelar di Prancis. (Starsandstripesfc.com)
Meski sudah berlangsung sejak 28 tahun lalu (bahkan penulis saja belum terbentuk dan lahir), rupanya turnamen PDW ini baru terlihat ramai dinikmati oleh penggemar sepakbola di dua edisi terakhir. Khususnya di tahun ini, yang mana turnamen ini juga disiarkan oleh saluran tv berbayar yang sudah terkenal menyiarkan sepakbola sepanjang tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3