Mohon tunggu...
Fery Deddy Fahriza
Fery Deddy Fahriza Mohon Tunggu... Lainnya - Music is my soul

Without deviation from the norm, progress is not possible by Frank Zappa

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Bukti Pertumbuhan Ekonomi Terjadi di Kabupaten Morowali

15 November 2021   15:04 Diperbarui: 15 November 2021   15:26 206 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Daerah Kabupaten Morowali. Sumber foto: bpksdmd.morowalikab.go.id

Tidak dapat dipungkiri, perindustrian telah memberikan transformasi kuat pada berbagai bingkai sendi kehidupan di Indonesia. Sehingga membuat roda perekonomian nasional terus berputar. Ketika perekonomian nasional terus kontinu dan konstan terjadi, hal ini turut menjadikan kantong-kantong industri di daerah tumbuh serta berkembang.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Morowali. Ekonomi daerah ini meroket seiring dengan perkembangan industrinya. Dan, pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Morowali dapat menjadi salah satu penyelamat bagi pendapatan negara.

Kini, Kabupaten Morowali bukan lagi daerah yang sunyi, sepi, dan tertinggal. Etalase Morowali benar-benar telah berubah. Perubahan yang memberikan dampak signifikan ini menghadirkan ragam usaha di dalamnya. Di daerah Bungku, misalnya, kini terlihat di sisi jalan raya terdapat banyak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), penginapan, hingga indekos.

Menurut data dari BPS (Badan Pusat Statistik), lembaga usaha di Kabupaten Morowali telah berkembang dan terdiri dari 129 usaha/perusahaan. Selain itu pedagang-pedagang kecil juga tersebar di seluruh kecamatan. Hingga 2020, terdapat 2.261 sarana perdagangan di Kab. Morowali yang terdiri dari 25 pasar, 300 toko dan 2.296 warung/kios.

Aktivitas ekonomi secara konkret di Morowali menyebabkan tingkat kesejahteraan masyarakat ikut meningkat. Realitas pun berbicara. Tingkat persentase penduduk miskin di Morowali terus menurun setiap tahunnya, jika mengacu data Badan Pusat Statistik setempat. Dari 14,34% di tahun 2018 menjadi 13,43% pada 2020.

Selain dari tingkat kesejahteraan rakyat, pertumbuhan suatu daerah juga dapat dibandingkan dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Pada 2020 lalu, PDRB Morowali mengalami peningkatan 2,11 persen dari tahun sebelumnya.

Tiga lapangan usaha di Morowali yang berkontribusi pada peningkatan Pendapatan Domestik Regional Bruto adalah industri pengolahan sebanyak 69,98 %, sektor pertambangan 18,33%, serta konstruksi 5%.

Bupati Morowali, Taslim mengatakan pada 11 September 2020 silam bahwa ada sekitar 5.000 warganya yang bekerja di PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park). PT IMIP adalah salah satu perusahaan yang bergerak pada industri pengolahan nikel di Morowali, Sulawesi Tengah. 

Dan, terdapat fenomena bagi warga yang tidak bekerja di sektor industri. Para warga tersebut memanfaatkan peluang dari kesempatan yang ada. Seperti membuka UMKM dari warung/kios, restoran, maupun indekos yang menargetkan pekerja industri. Terlebih pekerja industri IMIP dari luar daerah juga ada hingga 30.000 orang.

Maka tak heran, dengan berkembangnya industri dan para warga lokal yang bergerak cepat memanfaatkan peluang tersebut, laju pertumbuhan PDRB Kabupaten Morowali di tahun 2020 menjadi yang tertinggi di Sulawesi Tengah yaitu sebesar 28,93%.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan