Mohon tunggu...
Debie Lola
Debie Lola Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswa aktif Prodi Pendidikan Ekonomi 2018 Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Hasil Evaluasi Video Tips and Trick Pembelajaran Daring Proyek Mata Kuliah Etika Profesi Guru

21 Juni 2021   08:01 Diperbarui: 21 Juni 2021   08:13 66 1 0 Mohon Tunggu...

Adanya pandemi covid-19 ini membuat kita semua harus bisa menjaga kesehatan agar terhindar dari virus tersebut. Pemerintah pun mempunyai tugas baru yaitu melindungi masyarakat dari virus ini. Salah satu cara pemerintah untuk mencegah dan melindungi masyarakatnya dari virus ini adalah dengan membatasi semua kegiatan yang menimbulkan keramaian atau kerumunan. 

Kegiatan tersebut seperti perkantoran, perindustrian, bahkan pemerintahan itu sendiri. Tak terkecuali di bidang pendidikan, semua diubah menjadi daring atau tidak adanya tatap muka secara langsung sehingga tujuan dari pemerintah untuk melindungi masyarakatnya pun dapat tercapai.

Sistem pembelajaran daring adalah implentasi pendidikan jarak jauh pada pendidikan jarak jauh pada pendidikan tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu. Pembelajaran daring lebih menitikberatkan pada kecermatan dan kejelian peserta didik dalam menerima dan mengolah informasi yang diberikan secara online.

Pembelajaran daring ini menekankan peserta didik agar memiliki keaktifan dan inisiatif sendiri  dalam  belajar,dimana  hal  tersebut  nantinya  akan  membantu peserta  didik untuk mempelajari  dan  memahami  pelajaran  secara  lebih  baik  sehingga  mencapai  prestasi akademik  yang optimal.

Namun, hal ini juga akan membuat suatu kebijakan baru dan kebiasaan baru. Perlu menjadi catatan, bahwa perubahan sistem pendidikan ini terjadi secara mendadak. Perubahan yang signifikan ini menimbulkan adanya kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh siswa, guru, dan juga pemangku kebijakan terkait (Dinas Pendidikan). Adanya pembelajaran daring ini membuat guru dituntut untuk dapat menciptakan media pembelajaran yang efektif dan juga menarik agar siswa bersemangat dan tidak mudah bosan dalam kegiatan belajar mengajar.

Media pembelajaran yang menarik ini lah yang menjadi kendala bagi guru khususnya guru yang sudah lanjut usia  yang tidak mengerti banyak tentang teknologi. Karena kurangnya pemahaman terhadap teknologi tersebut lah guru membuat media pembelajaran yang bisa dikatakan biasa saja. Media pembelajaran yang biasa saja ini membuat kegiatan belajar mengajar tidak efektif. Karena siswa merasa tidak tertarik dengan pembelajaran sehingga menimbulkan turunnya prestasi akademik siswa tersebut.

Turunnya prestasi akademik otomatis merupakan suatu kegagalan bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar, karena tidak tersampainya materi pembelajaran dengan baik. Oleh karena itu, guru dituntut untuk  membuat media pembelajaran yang menarik.

Ini lah tujuan kami membuat kegiatan ini,  kami membantu para tenaga pendidik dalam membuat media pembelajaran dan cara mengajar yang menarik di era pandemi ini. Sehingga siswa dapat bersemangat dan mengerti dengan baik materi yang disampaikan.

Kami pun juga sudah meminta evaluasi dari tenaga pendidik untuk video kami ini. Berikut kesimpulan hasil evaluasi mereka untuk video yang telah kami buat.
Beberapa tenaga pendidik merasa sangat terbantu dan berterima kasih dengan adanya video tersebut, karena kendala mereka sedikit tertangani. Namun, mereka masih belum mengerti dengan baik  cara mempraktekan hal tersebut, contohnya pada bagian  morph. 

Para tenaga pendidik ini tidak  mengerti bagaimana cara kerja morph, mereka mengevaluasi agar kita menjelaskan dengan rinci tata cara penggunaan morph ini agar mereka bisa memanfaatkan aplikasi tersebut. 

Selain itu mereka juga meminta penjelasan lebih rinci tentang cara membuat video ice breaking, banyak dari mereka yang belum mengerti bagaimana ice breaking yang menyenangkan bagi siswa agar siswa bersemangat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN