Mohon tunggu...
David F Silalahi
David F Silalahi Mohon Tunggu... ..seorang pembelajar yang haus ilmu..

..berbagi ide dan gagasan melalui tulisan... yuk nulis yuk.. ..yakinlah minimal ada satu orang yang mendapat manfaat dengan membaca tulisan kita..

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Kupas Tuntas Buku "Mewujudkan Indonesia 4.0", Karya Cendikia Muda Indonesia di Australia

4 September 2020   09:37 Diperbarui: 4 September 2020   12:05 285 16 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kupas Tuntas Buku "Mewujudkan Indonesia 4.0", Karya Cendikia Muda Indonesia di Australia
Grand Launching Buku "Mewujudkan Indonesia 4.0" oleh PPI Australia bersama Dubes RI untuk Australia dan Vanuatu (sumber: KBRI Canberra/dokpri) 

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) resmi meluncurkan sebuah buku yang merangkum pemikiran para cendikia muda Indonesia di Australia pada Kamis, 3 September 2020, bertempat di Kedutaan Besar Indonesia, Canberra, Australia. 

Para pelajar Indonesia di Australia tergerak untuk menghimpun gagasan dan solusi untuk menyambut revolusi industri 4.0. Gagasan tersebut dituliskan dalam Buku yang diberi judul "Mewujudkan Indonesia 4.0: Kumpulan Pemikiran Pelajar Indonesia di Australia". 

Buku ini diharapkan menjadi salah satu kontribusi yang bisa diberikan dalam mempersiapkan Indonesia 4.0. Adapun lingkup substansi buku yang digawangi Denny Irawan dkk ini, terdiri dari tujuh subtema pemikiran: 

  1. Subtema ekonomi, industry dan investasi: membicarakan status quo perekonomian Indonesia dan ragam aspek yang perlu menjadi perhatian khusus untuk beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0.
  2. Subtema teknologi dan inovasi: membahas kesulitan adanya ekosistem inovasi yang mendorong penciptaan-penciptaan teknologi baru.
  3. Subtema sumber daya manusia Indonesia: menguraikan bagaimana manusia Indonesia ikut dalam arus pembangunan 4.0. 
  4. Subtema hukum, institusi dan kebijakan: membahas perlunya sinergi yang cari antar institusi. 
  5. Subtema aspek berkelanjutan dan energi membahas faktor-faktor pendorong  ekonomi sirkular yang efisien dan ramah lingkungan. 
  6. Subtema infrastruktur: merumuskan penciptaan dukungan infrastruktur sebagai penopang ekonomi agar terus bertumbuh secara pesat. 
  7. Subtema kesehatan:  menguraikan perlunya optimalisasi teknologi 4.0 dalam penyelenggaraan layanan kesehatan.

Tampilan sampul buku
Tampilan sampul buku "Mewujudkan Indonesia 4.0" (sumber: Yayasan Pustaka Obor Indonesia)

Buku ini sudah tersedia dan dapat dibeli di toko buku kesayangan anda. Secara online juga tersedia pada website Obor, Togamas, Tokopedia, Gramedia. Harga buku ini sangat terjangkau hanya Rp. 120 ribu. Namun beberapa toko juga memberikan diskon yang berbeda-beda. Misalnya Tokopedia membandrol hanya Rp. 90 ribu. 

Peluncuran buku ini dibuka dengan sambutan oleh Dubes RI untuk Australia HE Y.Kristarto Legowo, dilanjutkan oleh Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala BRIN, Prof. Bambang S.Brojonegoro, juga Prof. Dorojatun Kuncoro Jati Dubes RI untuk Amerika Serikat, dan Prof. Rina Indiastuti selaku Rektor Universitas Padjajaran. Berikut rekaman lengkap acara peluncuran buku yang diselenggarakan di Canberra dan juga disiarkan dalam bentuk webinar:


Untuk mendalami dan berdiskusi lebih jauh mengenai isi buku ini, maka PPI Australia juga menyelenggarakan "Bioskop Zoom". Setiap subtema akan dibahas terpisah secara mendalam pada masing-masing sesi. 

Yuk kita hadiri dan kita diskusikan subtema yang menjadi minat kita. Yuk tandai kalender dengan jadwal berikut:

#Kamis, 10 September 2020, 13.00-15.00 WIB, sesi pertama ini akan mengupas subtema Ekonomi, Industri, dan Investasi. Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita akan hadir menjadi pembicara kunci. Sandiaga Uno juga akan hadir untuk berbagi pengalaman Entrepreneurship, dilanjutkan paparan narasumber tambahan dan penulis, dan tentunya diskusi dengan peserta secara online.

(sumber: PPI Australia)
(sumber: PPI Australia)

# Senin, 14 September 2020, 13.00-15.00 WIB, sesi ini akan mengupas subtema Teknologi dan Inovasi. Dengan pembicara kunci Direktur Jenderal Sumber Daya, Perangkat Posm dan Informatikan, Kemkominfo, juga Ketua Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Ilham Akbar Habibie, dilanjutkan paparan narasumber tambahan dan penulis, juga diselingi diskusi dengan peserta secara online.

(sumber: PPI Australia)
(sumber: PPI Australia)

# Kamis, 17 September 2020, 16.00-17.30 WIB, sesi ini akan mengupas subtema Sumber Daya Manusia dan Sosial. Dengan menghadirkan pembicara kunci Direktur Sumber Daya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dilanjutkan narasumber para penulis dan diskusi.

(sumber: PPI Australia)
(sumber: PPI Australia)
# Senin, 21 September 2020, 13.00-15.00 WIB, sesi ini akan mengupas subtema Hukum, Institusi, dan Kebijakan. Dengan pembicara kunci Juri Ardiantoro, Deputi IV Kantor Staf Presiden, dilanjutkan narasumber para penulis dan diselingi diskusi.

(sumber: PPI Australia)
(sumber: PPI Australia)

# Kamis, 24 September 2020, 16.00-18.00 WIB, sesi ini akan mengupas subtema Aspek Keberlanjutan dan Energi. Dengan pembicara kunci Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar dilanjutkan narasumber para penulis dan diskusi.

(sumber: PPI Australia)
(sumber: PPI Australia)
# Senin, 28 September 2020, 13.00-15.00 WIB, sesi pembahasan subtema Infrastruktur ini dihadiri juga oleh Kepala BPPT selaku pembicara kunci, dilanjutkan pemaparan dari narasumber tambahan dan para penulis serta diskusi interaktif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x