Mohon tunggu...
David F Silalahi
David F Silalahi Mohon Tunggu... Ilmuwan - ..seorang pembelajar yang haus ilmu..

..berbagi ide dan gagasan melalui tulisan... yuk nulis yuk.. ..yakinlah minimal ada satu orang yang mendapat manfaat dengan membaca tulisan kita..

Selanjutnya

Tutup

Gadget Artikel Utama

[Berbagi Tips] Cara Membuat Video Presentasi dengan Zoom

10 Juni 2020   06:51 Diperbarui: 5 Juli 2021   12:47 5294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembelajaran atau pelatihan jarak jauh bisa dilakukan dengan cara meeting online. Entah dengan menggunakan Microsoft Team, Webex, GoogleMeet, Whatsapp, Skype, atau Zoom yang kini paling populer. 

Pertemuan itu dilakukan secara live streaming, pemateri akan menyampaikan paparannya langsung dalam pertemuan online tersebut. Tidak jarang waktu yang dialokasikan itu terlampaui. 

Modul materi yang diberikan alokasi waktu misalnya hanya 15 menit, realisasinya bisa saja menjadi 30 menit. Untuk itu ada strategi mengatasinya. 

Buatkan saja versi video rekaman sebelum pembelajaran itu dilakukan. Jadi pemateri melakukan presentasi lalu direkam, dibuat pas dengan alokasi waktu 15 menit. Pemateri bisa berlatih dan mengulang rekamannya hingga waktu nya sesuai dengan alokasi. 

Nah ketika pelatihan berlangsung, rekaman ini tinggal diputar saja, peserta ajar juga akan bisa menonton live streaming. Sesi tanya jawab atau diskusi bisa dilakukan setelahnya. Tentu ini akan mengefektifkan jalannya pembelajaran.

Saya yakin banyak yang belum memanfaatkan fitur Zoom ini. Karena ketidaktahuan tentunya.

Untuk itu saya terpikir untuk membagikan hal ini, berdasarkan pengalaman pribadi. Ketika saya diminta membuat tutorial singkat untuk ditayangkan dalam satu seminar, dengan durasi hanya 10 menit. 

Awalnya saya siapkan 15 halaman paparan, lalu saya berbicara sambil menayangkan powerpoint di laptop. Suara saya rekam dengan smartphone. Saya ingin tahu berapa lama saya bicara hingga paparan usai. 

Hasilnya saya melampaui waktu, bahkan hampir setengah jam. Lalu saya ulang-ulang lagi, akhirnya bisa mendekati 10 menit, setelah 10 kali latihan. Haha.

Masalah berikutnya muncul. Rekaman suara sudah 10 menit. Namun bagaimana menggabungkan dengan tayangan powerpoint. Akhirnya saya putar akal. Bagaimana caranya merekam tayangan sekaligus dengan audio. Tanpa harus menggunakan video camera. Karena saya tidak punya. Hehe

Lalu terpikir menggunakan Zoom. Jika pada online meeting, paparan 'sharescreen' seseorang atau seluruh isi rapat bisa direkam dalam bentuk audio video. Ini mustinya bisa juga dilakukan untuk merekam paparan saya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun