Mohon tunggu...
Dava ImadulBilad
Dava ImadulBilad Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengenal Lebih Dekat Matematika Realistik Melalui Start Up Workshop

25 November 2021   19:32 Diperbarui: 25 November 2021   19:35 22 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Matematika realistik merupakan pendekatan dalam membelajarkan matematika yang dimulai dengan konteks yang riil dan familiar bagi siswa. pendekatan ini dikembangkan berdasarakan pandangan Hans Freudenthal bahwa "Mathematics as human activity", Matematika sebagai aktivitas manusia. 

Dalam artian, Matematika bukan ilmu jadi yang tiba-tiba muncul dan digunakan untuk menyelesaikan masalah namun dalam konsep dalam matematika justru akibat perbuatan atau aktivitas fisik dan berpikir manusia dalam memecahkan sebuah masalah. Pendekatan ini menuntuk siswa untuk aktif, menemukan konsep, membangun model, berkolaborasi dan berkomunikasi dengan temannya. 

Dengan melakukan sebuah aktivitas penemuan dan membuat model matematika sendiri, siswa akan dapat lebih merasakan kebermanfaatan matematika dan konsep yang dipelajari dapat dengan mudah dipahami dan melekat pada ingatan mereka. Sayangnya, Matematika Realistik ini belum banyak dikenal dan diketahui oleh guru-guru, termasuk oleh guru-guru SD pada KKG 03 Waru Sidoaro.

Bertujuan untuk mempromosikan Matematika Realistik dan berbagi pengetahuan baru untuk guru-guru SD pada KKG 03 Waru Sidoarjo, dosen dari Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya yang terdiri dari: Rooselyna Ekawati, Ph.D., Dr. Masriyah, M.Pd., Shofan Fiangga, M.Sc., Evangelista Lus W. Palupi, M.Sc., dan Ahmad Wachidul Kohar, M.Pd. menyelenggarakan Start Up Workshop Matematika Realistik. Workshop yang diikuti oleh 50 guru SD yang tergabung pda KKG 03 Waru Sidoarjo ini dilakukan secara daring pada (14 Agustus-21 Agustus 2021) ini dilakukan secara synchronous untuk penyampaian materi dan praktik, dan secara asynchronous dalam pendampingan guru dalam mendesain iceberg aktivitas pembelajaran Matematika Realistik.

Start up workshop Matematika Realistik disini merupakan awal atau starter dari tiga rangkaian workshop Matematika Reaslitik yang berfokus untuk mengenalkan Matematika Realistik termasuk teori yang mendasari, prinsip, karakter dan contoh desain pembelajarannya.

Sebagai luaran workshop, guru-guru peserta workshop telah berhasil membuat desain aktivitas pembelajaran matematika realistik untuk topik matematika tertentu pada kelas 1 sampai dengan 6 SD. Seiring dengan itu, pemikiran guru mengenai cara membelajarkan matematika mulai bergeser dari yang semula kebanyakan setuju untuk mengajarkan matematika sebagai pengetahuan formal jadi kemudian diberikan contoh soal dan latihan menjadi membelajarkan matematika bermakna dimana siswa membangun sendiri model, startegi dan kosep matematika menggunakan Matematika Reaslitik.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan