Mohon tunggu...
Hendrikus Dasrimin
Hendrikus Dasrimin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Scribo ergo sum (aku menulis maka aku ada)

Kunjungi blog saya, tema PENDIDIKAN: https://dasrimin-punya-coretan-lepas.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Lestari Pilihan

Ratusan Patung dari Sampah Hiasi Pedestrian Jalan Panglima Sudirman Kota Batu

21 Juli 2022   19:05 Diperbarui: 22 Juli 2022   06:16 1512 29 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Patung dari Sampah di Depan Balai Kota Batu (Dokpri)

Ada pemandangan unik ketika melewati Jalan Panglima Sudirman Kota Batu-Jawa Timur, tepatnya di Balai kota Among Tani, pada Kamis, 21 Juli 2022. Kita akan menemukan ratusan patung berbahan dasar sampah menghiasi sepanjang jalan depan kantor Wali Kota Batu.

Terlihat warga begitu antusias menyaksikan pameran patung berbentuk manusia dengan aneka bentuk seperti petani, petugas kebersihan, gatotkaca, pelajar, dan lain-lain. Patung-patung tersebut terbuat dari bahan dasar sampah seperti botol bekas, plastik minuman sasetan, bungkusan snack, dan sampah lainnya.

Banyak pengunjung yang menyaksikan pameran patung sampah (Dokpri)
Banyak pengunjung yang menyaksikan pameran patung sampah (Dokpri)

Kegiatan ini sengaja dilakukan oleh pemerintah setempat karena saat ini sampah plastik menjadi problem utama bagi masyarakat. Kegiatan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat tersebut diharapkan mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang penggunaan sampah plastik, agar penggunaan sampah plastik di Kota Batu bisa semakin ditekan.

Diketahui bahwa rata-rata setiap harinya, sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung dikisaran 120 ton. Bahkan pada akhir pekan atau pada musim liburan bisa mencapai 140-158 ton per hari.

Pada tempat yang berbeda, Komunitas Keluarga Muda Katolik dari Paroki Gembala Baik Batu, sedang menggalang dana melalui donasi sampah. Kegiatan yang bertajuk "Donasi Barang Bekas jadi Berkah" tersebut selain untuk mendukung kegiatan kaum muda, tetapi juga menjadi kesempatan untuk mengkampayekan pentingnya mencintai lingkungan.

Pamflet Donasi Sampah (Dokpri)
Pamflet Donasi Sampah (Dokpri)

Titipan Pesan dari Tulisan yang dipajang di Patung

Ada hal menarik yang juga ditemukan ketika mendekati patung-patung sampah tersebut. Selain terdapat identitas instansi atau pembuat patung tersebut, pada beberapa patung kita dapat menemukan tulisan berupa pesan-pesan singkat bagi para pengunjung. 

Tulisan yang dibuat sedikit kocak tapi syarat makna tersebut antara lain: "Masih buang sampah sembarangan? 17 tahun sekolah, ngapain saja?", "Bila kamu berpendidikan, jangan buang sampah sembarangan", "Jangan buang sampah sembarangan, awas kena undang-undang", "Aku tak peduli kamu siapa, tapi yang kuharap hanya kebersihan", dan "Jagalah lingkunganmu, seperti aku menjaga perasaanmu dulu".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Lestari Selengkapnya
Lihat Indonesia Lestari Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan