Darwin Arya
Darwin Arya Hotel & Restaurant Photographer. Blogger Based in Bali

Hotel & Restaurant Photographer. Blogger Based in Bali. Ph 087821143211

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Sentuhan Involtini pada Hidangan Perancis Klasik

13 Februari 2018   20:59 Diperbarui: 13 Februari 2018   20:59 1048 0 0
Sentuhan Involtini pada Hidangan Perancis Klasik
Chicken Roll Cordon Bleu dan Peach & Mango Panna Cotta / dap

Di tangan kreatif Chef Hastoto Sudibyo, Executive Chef Swiss BelResort Pecatu Bali, hidangan klasik Perancis diolahnya dengan teknik Italian style. Involtini, istilah populernya. Sementara Peach & Mango Panna Cotta, disajikan secara cantik nan lembut sebagai penutupnya.

Kali pertama melihat tampilan Chicken Roll Cordon Bleu berikut porsinya, yakin lah saya kalau itu hidangan pembuka.

“Chef, ini menu appetizer ya?” tanyaku penuh percaya diri.

“Bukan Mas, itu justru main course-nya” ujarnya singkat.

Hah?! Kaget lah saya dibuatnya. Bagaimana mungkin porsi ‘se-imut’ itu bakal memuaskan perut orang dewasa? Terlebih ‘daya tampung’ saya cukup besar.

Berbahan Lokal Kualitas Premium

Seluruh bahan yang digunakan merupakan produk lokal dengan kualitas premium / dap
Seluruh bahan yang digunakan merupakan produk lokal dengan kualitas premium / dap
Sekarang mari kita amati hidangan satu ini lebih dekat.

Dalam seporsi Chicken Roll Cordon Bleu terdapat, 3 buah chicken roll, mashed potato, brokoli hijau dan putih, mushroom, baby carrots dan tak ketinggalan 2 jenis saus sebagai pelengkap. Saus berwarna putih adalah mustard sauce. Sedangkan yang cokelat adalah demi glace sauce. Demi glace ini berasal dari beef stock yang direbus lama hingga reduce, hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Rasanya gurih dan asin.

“Semua bahan kita pakai yang fresh, produk lokal kualitas premium. Tidak ada yang import.” terang pria bertubuh tinggi tegap itu menambahkan.

Chicken Roll Cordon Blue versi asli, sebenarnya memakai olahan pork. Namun, dikarenakan Chef Toto –panggilan akrabnya—menginginkan halal, maka digunakan lah beef ham dan beef salami.

Proses memasaknya istimewa. Di slow pan seared kemudian dimasukkan ke dalam oven. Itu lah mengapa tidak ditemukan minyak pada hidangan itu. Saat digigit, sensasinya juara. Crispy di luar dan lembut bagian dalamnya. Chicken roll-nya empuk sekaligus juicy.

Agar rasanya lebih gurih dan creamy, mashed potato ditambahkan cream dan parmesan cheese. Duh … Yang doyan keju garis keras, pasti bakal merem-melek deh itu ngerasain mashed potato-nya.

Chef Hastoto Sudibyo / istimewa
Chef Hastoto Sudibyo / istimewa
Wortel yang disajikan juga pilihan. Memakai baby carrots versi organik. Dimasak dengan teknik sous vide (baca: suviid). Dengan teknik itu, wortel tidak akan terkontaminasi air rebusan ketika dimasak. Sehingga tekstur dan rasa tetap terjaga.

Sementara brokoli hijaunya di blunch dan kemudian di glaze dengan butter. Teksturnya pas. Tidak under-cook maupun over-cook. Crunchy-nya juga dapet.

Kenapa memakai Italian style? Chef Toto mengatakan bahwa taste-nya bisa diterima banyak lidah. Baik itu tamu Nusantara, Eropa, Asia dan lain sebagainya.

Sudah Diperhitungkan

Italian Food adalah hasrat Chef Toto. Ia pernah berkarir di sejumlah Fine Dining Restaurant dan Luxury Hotel di Indonesia / istimewa
Italian Food adalah hasrat Chef Toto. Ia pernah berkarir di sejumlah Fine Dining Restaurant dan Luxury Hotel di Indonesia / istimewa
Porsinya kelihatan tak seberapa, tapi begitu disantap … Alamak. Baru habis satu setengah, perut saya mulai kenyang.

Seperti kita ketahui bersama, tiap menu yang disajikan hotel maupun restoran memiliki aturan ketat mengenai jumlah gizi. Harus seimbang antara karbohidrat, protein dan lain sebagainya. Jumlah takaran karbohidrat, misalnya. Pada umumnya diangka 150 gram.

“Mashed potato-nya sengaja saya bikin sekitar 100 gram-an. Karena lapisan ayamnya sudah memakai bread crumb. Itu (bread crumb) kan juga mengandung karbohidrat,” terang Chef berkepala plontos itu. Sementara ayamnya menggunakan chicken breast dengan angka kurang lebih 180 – 200 gram.

Si Putih Manis Elegan

Peach & Mango Panna Cotta / dap
Peach & Mango Panna Cotta / dap
Kini beralih ke menu dessert, Peach & Mango Panna Cotta.

Presentasinya cantik. Selembar daun pandan segar yang dipotong sedemikian rupa disertakan sebagai garnish.

‘Si Putih’, pemain utamanya. Mengenakan mahkota berwarna merah terang. Disekeliling dasarnya terdapat saus cokelat muda. Di saus itu pula terdapat sejumlah taburan kasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2