Mohon tunggu...
Darno Latif
Darno Latif Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca itu bukan hobi tapi kebutuhan pokok

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru di Zona 3T

16 November 2022   04:40 Diperbarui: 16 November 2022   04:49 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kami yang berada di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) selalu saja sulit untuk mengikuti pelatihan menulis offline. Sangat jarang. Pernah diadakan sekali, tapi materinya terkait dengan jurnalistik kehumasan di instansi pemerintahan.

Qodarullah, semuanya berjalan sesuai dengan takdir Allah. Bukan berarti mau tertinggal dari teman-teman di kota. Kami guru-guru di wilayah 3T justru mempunyai semangat yang membara untuk memajukan pendidikan.

Meskipun semangat literasi menulis terbilang masih sangat rendah. Saya tidak pernah berkecil hati untuk menjadi seorang penulis. Selama masih ada jaringan internet, kita bisa saling berbagi. Dan bisa mendapatkan ilmu dari narasumber. Seperti pada pelatihan BM PGRI Gelombang ke- 27.

Inilah pengabdian yang sebenarnya. Khususnya, kami yang berada di wilayah Provinsi Maluku Utara, salah satu solusinya adalah dengan cara online. Wilayah Kabupaten  di Provinsi Maluku Utara terdiri dari pulau-pulau. Kabupaten Pulau Morotai misalnya, ditempuh dengan perjalanan kapal selama kira-kira sepuluh jam.

Tapi semua tergantung dari cuaca. Bila cuaca ekstrim, bisa sampai lebih dari itu. Oleh karena itu pelatihan menulis yang saya ikuti semuanya berbasis online. Belum pernah ada sama sekali pelatihan menulis yang diadakan di Morotai yang berbasis offline.

Pernah direncanakan tapi konon katanya gagal karena masalah anggaran. Tapi menurut saya, tak ada rotan akar pun jadi. Tak ada Offline, online pun jadi. Cukup lumayan lah untuk menambah ilmu menulis.

Tapi semakin lama menjadi penulis jadi penasaran sama teman-teman penulis lainnya. Ada rindu yang belum sempat tersampaikan seperti Ingin bertemu langsung biar saya bisa bebas bertanya kepada senior-senior tentang ilmu menulis. Juga hal-hal yang dapat memotivasi saya untuk terus menulis.

Membaca iklan What'sapp yang masuk, ingin rasanya ikut kegiatan menulis bersama teman-teman penulis lainnya. Kegiatan seperti Temu Penulis Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PB-PGRI. Bagi saya donasinya lumayan kecil, saya pikir bisa tidak kegiatan seperti ini diadakan di Maluku Utara?

Dalam hati kecil saya, mungkin saya bisa ikut tapi biayanya sangat mahal. Kalau saya hitung-hitung totalnya bisa tujuh sampai sepuluh jutaan. Saya sangat berharap, semoga kedepannya bisa bertemu langsung dengan teman-teman penulis nusantara. Wallahu 'alam#doc jay

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun