Mohon tunggu...
Darma BC
Darma BC Mohon Tunggu... Penulis di berbabagai media

Penulis "Satu Buku Sebelum Mati"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Persiapan Sekolah di Tahun Ajaran Baru

2 Juli 2017   22:25 Diperbarui: 2 Juli 2017   22:34 5470 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Persiapan Sekolah di Tahun Ajaran Baru
Kegiatan pengenalan huruf di salah satu sekolah

Tahun ajaran baru, merupakan awal tahun pembelajaran yang sebahagian orang sungguh sangat menantikannya. Tahun ganti jenjang, ganti kelas, serta tahun baru masuk sekolah, yang sungguh memerlukan persiapan.

Persiapan-persiapan itu berupa, persiapan administrasi, persiapan kelengkapan sekolah, serta persiapan buku-buku sekolah.  Persiapan ini tentunya mutlak diperlukan, agar sekolah menjadi bagian yang nyaman untuk anak-anak kita.

Berikut uraian persiapan yang diperlukan dalam menghadapi awal masuk sekolah

Persiapan administrasi;

Persiapan ini diperlukan sebagai persiapan administrasi sekolah. Bagi siswa baru, tingkat Taman Kanak Kanak maupun Sekolah Dasar, administrasi keluarga sangat diperlukan, selain data diri anak yang akan didaftarkan. Administrasi ini berupa, Akte kelahiran anak, Kartu Keluarga, dan Kartu Tanda Pengenal (KTP) orang tua. Selain itu ada pula sebagian sekolah meminta data tinggi dan berat badan anak, serta meminta Kartu Jaring Pengaman Sosial. Persiapkan copyan dari berkas tersebut, atau dapatkan surat edaran dari sekolah yang dituju.

Bagi yang naik jenjang, dari Sekolah Dasar ke Sekolah Menengah Pertama dan atau dari Sekolah Menengah Pertama ke Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Kejuruan, selain administrasi yang diatas perlu pula dipersiapkan, Fotocopy izasah atau surat kelulusan dari sekolah asal.

Dapatkan surat edaran, dari sekolah yang akan dituju. Surat edaran itu biasanya memuat administrasi yang akan dipersiapkan, batas daya tampung, batas waktu pendaftaran, waktu dimulai tahun ajaran, serta hal lain menyangkut aturan sekolah.

Persiapan Perlengkapan Sekolah

Pelengkapan sekolah berupa pakaian sekolah (plus topi dan dasi), tas dan sepatu. Untuk Taman Kanak Kanak biasanya pembelian pakaian seragam sekolah di kelola oleh sekolah. Hal ini dikarenakan untuk mencapai seragam yang sama antar anak didik. Jadi yang perlu dipersiapkan hanya tas dan sepatu saja. Untuk siswa naik kelas, baju seragam, tas, dan sepatu perlu dipersiapkan.

Dengan meneliti pakaian, tas, dan sepatu yang lama, orang tua diharapkan dapat berbijak diri untuk membeli sesuai jumlah yang dibutuhkan. Pakaian, tas, dan sepatu baru tidaklah mutalak untuk dibeli, walaupun budaya dan kebiasaan kita selalu dibeli jika tahun ajaran tiba.

Untuk siswa naik jenjang SMP maupun SMA/K, warna, model, dan bentukpakaian seragam termasuk sepatu bisanya sudah ada pada surat edaran peneriamaan peserta didik  baru. Jika pun tidak ditentukan kita dapat bertanya pada panitia penerimaan atau kaka kelas yang sudah terlebih dahulu bersekolah di sekolah itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x