Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Ordinary people

Homo sapiens Surel : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Reshuffle Kabinet: Upaya Presiden Jokowi Menjaga Stabilitas Politik

16 Juni 2022   19:33 Diperbarui: 17 Juni 2022   05:31 976 31 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Presiden Jokowi kembali merombak Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu 15 Juni 2022. | ANTARA FOTO/Akbar Nugraha Gumay via KOMPAS.COM

Wacana reshuffle kabinet menjadi isu yang ramai dibicarakan setelah tetunda cukup lama. Kemarin, tepatnya Rabu 15 Juni 2022 Presiden Joko Widodo kembali merombak kabinetnya.

Bukan tanpa sebab Jokowi memilih hari Rabu. Dari beberapa edisi reshuffle kabinet Jokowi kerap memiih hari Rabu. Hal itu karena dalam primbon Jawa Kuno hari Rabu memiliki keistimewaan. 

Misalnya Rabu 15 Juni kemarin yang bertepatan dengan Rebo pahing. Rebo pahing diartikan memiliki watak Lakuning Banyu, yang artinya selalu teduh dan menenangkan.

Selama masa pemerintahannya, tercatat Jokowi hanya sekali merombak kabinet di luar hari Rabu, yaitu Selasa tanggal 22 Desember 2020.

Pada reshuffle kabinet kali ini, Jokowi merombak dua poros kementerian, yaitu Kementerian Perdagangan dan Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Selain itu, Jokowi juga merombak dua posisi wakil menteri dan menambah satu kursi wakil menteri ketenagakerjaan.

Untuk posisi Kemendag, Jokowi menunjuk Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) menggantikan M. Luthfi. Untuk Kementerian ATR/BPN, Jokowi menunjuk mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto menggantikan Sofyan Djalil.

Jokowi juga menunjuk tiga wakil menteri. Ketiganya adalah Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN, Afriansyah Ferry Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, dan John Wempi Watipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri.

Mereka yang selamat dari reshuffle

Rumor reshuffle kabinet semakin kencang tak kala PAN masuk koalisi pada 2021 lalu. Isu reshuffle juga kembali menyeruak tak kala Jokowi menyoroti kinerja sejumlah menteri.

Misalnya Jokowi menegur menteri yang menggulirkan isu penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. Seperti yang diketahui, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menggulirkan isu ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan