Mohon tunggu...
Dani Ramdani
Dani Ramdani Mohon Tunggu... Lainnya - Cuma nulis yang ada dipikiran aja

Praktisi rebahan Email : daniramdani126@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

5 Kegiatan Khas Ramadhan Ini Menghilang Ketika Pandemi

16 April 2021   03:34 Diperbarui: 16 April 2021   03:40 486 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Kegiatan Khas Ramadhan Ini Menghilang Ketika Pandemi
Ilustrasi buka puasa bersama. (beritagar.id)

Ramadhan merupakan salah satu bulan yang penuh berkah. Bulan ramadhan kali ini masih sama dengan bulan ramadhan tahun lalu yaitu masih dalam keadaan pandemi. 

Bedanya, untuk tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran pada kegiatan ramadhan. Misalnya untuk beribadah di mesjid, pada tahun lalu pemerintah melarang kegiatan beribadah di mesjid demi mengendalikan covid-19.

Tahun ini, melalui Surat Edaran yang dikeluarkan Kementerian Agama, kita bisa shalat terawih kembali di mesjid dengan catatan jamaah 50 persen dari kapasitas mesjid dengan tetap memperhatikan prokes. 

Ketentuan tersebut tentunya hanya berlaku untuk wilayah covid-19 zona hijau. Untuk wilayah oranye dan merah tidak berlaku, ibadah tetap dilakukan di rumah. 

Pandemi covid-19 membuat beberapa kegiatan khas ramadhan menghilang. Kegiatan tersebut tentunya hanya ada di bulan ramadhan saja tidak ada di bulan lain. Apa saja kegiatan tersebut? 

1. Pesantren kilat

Ilustrasi pesantren kilat. (tribunnews.com)
Ilustrasi pesantren kilat. (tribunnews.com)
Kegiatan ini tentunya hanya ada di bulan ramadhan. Ketika sekolah dulu, semua siswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ini. Kegiatan pesatren kilat biasanya berlangsung selama dua minggu, yah namanya juga kilat jadi cepat. 

Salah satu kegiatan pesantren kilat diisi dengan materi keagamaan, dan memperbanyak membaca Al-Qur'an. Nah, ketika ngaji dulu, selama ramadhan, biasanya saya melakukan nyorog ke mesjid tetangga. 

Nyorog di sini kita belajar di mesjid atau pesantren lain, yah semacam pertukaran tempat belajar selama ramadhan. Akan tetapi, kegiatan ini menghilang saat ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN