Mohon tunggu...
Daniel Mashudi
Daniel Mashudi Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer

https://samleinad.com E-mail: daniel.mashudi@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Ke Tebing Koja, Mencari Godzilla Sampai ke Kandangnya

6 November 2018   13:52 Diperbarui: 6 November 2018   14:42 850
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jalan beraspal itu tidaklah terlalu lebar, jika dua kendaraan roda empat berpapas dari dua arah berbeda maka sedikit saja ruang yang tersisa. Saya sendiri jarang mendahului mobil atau truk yang berada di depan, bahkan lebih memilih mengendarai sepeda motor bebek dalam laju sedang.

Sore yang cukup teduh karena mendung seharian memayungi Kabupaten Tangerang, membuat saya menikmati suasana sepanjang perjalanan menuju Solear. Pada salah satu pertigaan, saya membelokkan sepeda motor ke kanan atau ke arah barat masuk ke jalan kampung. Hingga pada suatu tempat, saya pun berhenti dan bergegas masuk ke Tebing Koja.

dok. pribadi
dok. pribadi
Nama Tebing Koja mulai terkenal sebagai tempat wisata yang instagramable di Tangerang dua tahun terakhir ini. Saya sendiri pertama kali mengenalnya melalui unggahan di akun Instagram salah seorang teman, yang melakukan foto pre-wedding di tempat ini. Dari sinilah saya menjadi penasaran untuk melihatnya secara langsung.

Tahun lalu saya pertama kali berkunjung ke Tebing Koja, yang juga memiliki nama lain yaitu Kandang Godzilla. Saya datang pada hari Minggu siang yang cukup cerah bersama para pengunjung yang juga ingin mengabadikan diri di tempat ini. Ya, pada hari Minggu atau libur tempat ini bakal didatangi banyak pengunjung.

Jika ingin puas berfoto tanpa gangguan kehadiran pengunjung lain yang masuk ke frame, datanglah di luar hari-hari tersebut. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada waktu pagi hari, saat matahari terbit dan warna langit jingga keemasan dan kabut tipis belum menghilang.

dok. pribadi
dok. pribadi
Berkaca pada kunjungan saya yang pertama tahun lalu, saya akhirnya datang kembali ke Tebing Koja saat bukan hari libur. Benar saja, tidak banyak pengunjung yang datang sehingga saya bisa leluasa mengambil gambar melalui kamera smartphone.

Tebing Koja berlokasi di Kampung Koja, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. Berada di tempat yang sering disebut Kandang Godzilla ini terasa seperti di pedesaan yang asri. Tebing-tebing tak beraturan yang berwarna coklat keputihan berpadu dengan kolam di bawahnya. Saya seolah sedang berada di tempat antah berantah. Begitu memukau!

dok. pribadi
dok. pribadi
Entah mengapa tempat ini dinamakan Kandang Godzilla. Apakah mungkin dulu ada kerajaan godzilla dan karena manusia bertambah banyak sehingga godzilla terdesak? Saya yakin bukan ini alasannya.

Mungkin juga diberi nama Kandang Godzilla untuk menarik minat pengunjung. Yang pasti tidak ada reptil sebesar godzilla yang akan terlihat di sini.

Atau mungkin karena lokasi yang seperti tempat antah berantah dengan tebing-tebing tinggi, kolam air alami dan banyak pepohonan, sehingga menjadi gambaran bahwa reptil raksasa seperti godzilla atau dinosaurus memiliki habitat seperti ini.

Ah, tidak perlu ambil pusing ihwal nama Kandang Godzilla tersebut. Namun jika saya amati lebih lanjut, ada sebongkah tebing batu yang memang berbentuk mirip dengan reptil raksasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun