Daniel Mashudi
Daniel Mashudi karyawan swasta

Lifelearner. E-mail: daniel.mashudi@yahoo.com Twitter, IG: @samLeinad

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Cara Sederhana Membuat Video Menggunakan Smartphone

14 September 2018   23:07 Diperbarui: 16 September 2018   05:11 2831 9 3
Cara Sederhana Membuat Video Menggunakan Smartphone
Sumber gambar: Kompas.com

Satu atau dua dekade silam ketika anak-anak diberikan pertanyaan "Kalo sudah besar mau jadi apa?", maka jawaban yang diberikan adalah menjadi dokter, insinyur, arsitek, atau pengusaha. Namun jika pertanyaan serupa ditanyakan saat ini, profesi vlogger atau youtuber bisa menjadi salah satu dari jawaban atas pertanyaan tersebut.

Perkembangan internet dan media sosial memang telah mengubah banyak hal dalam kehidupan masyarakat. Jika konten media sosial atau daring pada awalnya sebatas teks, kemudian berkembang dengan disertai konten gambar atau foto. Dan kini, konten video ikut menambah semaraknya media sosial.

Perkembangan teknologi memungkinkan semua orang bisa membuat video. Jika dahulu perlu kamera profesional untuk membuatnya, saat ini kita sudah bisa membuat video dengan menggunakan smartphone yang kemudian bisa kita unggah ke media sosial.

Cara paling mudah tentunya dengan membuat video yang terdiri dari satu scene atau satu adegan. Kita tinggal merekam sebuah objek atau peristiwa yang ada di sekitar kita dengan smartphone, kemudian mengunggah hasil videonya.

Namun bagaimana jika kita ingin menggabungkan beberapa scene menjadi satu video? Kita perlu aplikasi tambahan untuk melakukan hal tersebut. Caranya tidak terlalu rumit dan bisa dilakukan dengan hanya menggunakan smartphone saja.

Banyak aplikasi gratis yang bisa kita pakai untuk membuat video. Salah satunya adalah aplikasi Power Director yang bisa kita unduh di Play Store (saya menggunakan android).

dokpri
dokpri
Setelah aplikasi tersebut diunduh, kita perlu melakukan shooting atau merekam beberapa adegan sebagai materi video yang akan kita buat. Kita bisa merekam benda di sekitar kita, atau kegiatan sehari-hari yang biasa kita lakukan. Sebagai contoh, saya merekam sendiri kegiatan jogging yang biasa saya lakukan.

Beberapa tambahan alat bisa membuat hasil gambarnya lebih bagus, namun sifatnya opsional. Misalnya tripod untuk menyangga smartphone, tongsis untuk sudut pengambilan dari arah atas, atau gimbal untuk meminimalkan goncangan saat mengambil gambar dalam posisi bergerak. Jika tidak mempunyai alat-alat tambahan tersebut, cukup merekam dengan smartphone saja. 

Selanjutnya ambil beberapa rekaman video. Satu rekaman video tidak perlu waktu lama, cukup 6-10 detik saja setiap pengambilannya. Selain beberapa video, kita boleh juga membuat beberapa foto tambahan.

Selain video dan foto, kadang kita juga ingin menambahkan beberapa kalimat sebagai narasi. Untuk mempercantik kalimat misalnya dengan animasi atau gerakan, ada satu aplikasi yang bisa kita unduh di Play Store yaitu aplikasi Legend.

dokpri
dokpri
Cara membuat animasi tulisan dengan aplikasi Legend cukup mudah. 

- Setelah masuk ke aplikasi, tulis kata atau kalimat yang kita kehendaki kemudian tekan tombol contreng

dokpri
dokpri
- Tekan tombol segitiga (play) untuk melihat animasi gerakan 

dokpri
dokpri
- Pilih animasi gerakan dan warna huruf yang kita inginkan. Jika sudah, tekan tombol "anak panah" yang ada di bagian kanan bawah untuk menyimpannya. Pilih file dengan format video.

dokpri
dokpri
Kita sudah mempunyai beberapa file video dan foto, langkah selanjutnya adalah menggabungkan video dan foto tersebut dengan menggunakan aplikasi Power Director yang sudah kita unduh di smartphone. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Masuk aplikasi Power Director. Pada layar smartphone akan muncul dua kotak, pilih kotak sebelah kiri untuk memulai membuat new project.

dokpri
dokpri
2. Tulis judul atau nama projek (project name) dan pilih project aspec ratio untuk video yang akan kita buat, apakah 16:9 (posisi landscape) atau 9:16 (posisi portrait). Tekan OK

dokpri
dokpri
3. Masukkan video dan foto yang telah kita buat sesuai urutan yang kita inginkan (dari awal sampai akhir).

dokpri
dokpri
Pada bagian atas layar, pilih gambar kamera (untuk melihat file-file dalam format video) atau foto (untuk file dalam format gambar)

Pilih folder di mana file video dan foto yang sudah kita buat. Biasanya file berada pada folder kamera

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2