Mohon tunggu...
Danar Lukiat
Danar Lukiat Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Hai, Saya Danar Lukiat, Saya merupakan seorang Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi di Univeristas Amikom Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Kebun Teh Kertosari, Alternatif Wisata Banjarnegara

13 April 2021   05:08 Diperbarui: 13 April 2021   08:37 99 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kebun Teh Kertosari, Alternatif Wisata Banjarnegara
Pengunjung yang sedang menikmati suasana Kebun Teh Kertosari (Dokumentasi Danar Lukiat)

Banjarnegara terkenal dengan kekayaan alamnya, salah satu wisata yang sangat fenomenal adalah Dataran Tinggi Dieng. Namun jika pengunjung ingin menikmati sisi lain keindahan alam Kota Banjarnegara bisa dilakukan dengan mengunjungi alternatif wisata yang ada, salah satu alternatif wisata yang perlu dikunjungi adalah Kebun Teh Kertosari.

Kebun Teh Kertosari terletak di Jalan Raya Kalibening -- Wanayasa, area perkebunan yang terletak di tepi jalan memudahkan para pengunjung untuk menuju lokasi wisata ini. Kebun Teh Kertosari tidak jauh dari Curug Sinom Indah dan berjarak kurang lebih 30km dari pusat Kota Banjarnegara. Para pengunjung biasanya akan berwisata di kawasan Dataran Tinggi Dieng saja jika mengunjungi Banjarnegara, namun karena keindahan alamnya Kota ini banyak memiliki alternatif wisata yang perlu dikunjungi salah satunya adalah kebun teh kertosari. Pengunjung yang ingin menikmati kebun teh ini tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup membayar tiket sebesar Rp 5.000,- dan parkir Rp 2.000,- untuk kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Di wisata ini para pengunjung dimanjakan dengan keindahan landscape perkebunan teh yang sangat menarik untuk dijadikan background berswafoto, selain itu para pengunjung juga dapat bersantai sembari menikmati minuman dan makanan ringan yang dijual oleh Warkop Gedung Tua yang berada di area perkebunan teh. Warung kopi tersebut menjual berbagai macam makanan ringan dan minuman, dengan adanya warkop tersebut para wisatawan bisa lebih bersantai menikmati keindahan hamparan kebun teh.

Jika bertepatan dengan musim panen, para pengunjung dapat melihat dan berinteraksi dengan para petani yang sedang memetik pucuk daun teh. Hal tersebut bisa menjadikan keunikan tersendiri bagi para pengunjung, karena dengan melihat proses memanen teh secara tidak langsung pengunjung teredukasi bagaimana proses panennya dari pemetikan daun hingga diangkut menggunakan truk. 

Wisata ini tidak hanya menyajikan keindahan hamparan kebun teh saja tetapi juga menyediakan berbagai spot selfie dan tempat bersantai, destinasi wisata ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran karena memiliki pemandangan yang ciamik dan udara yang masih sangat segar. Kebun teh kertosari jauh dari pemukiman warga sehingga pemandangan disekitarnya sangat indah, pengunjung dapat menikmati bukit yang ditumbuhi pepohonan sangat rimbun yang terletak di sebelah utara area perkebunan.

Selain dapat digunakan untuk bersantai menikmati hamparan kebun teh, wisata ini juga menyediakan aula terbuka untuk pertemuan, lahan camping untuk mendirikan tenda, lahan terbuka untuk kegiatan outdoor dan sering juga digunakan sebagi spot pengambilan foto prewedding. Dengan adanya fasilitas tersebut menjadikan wisata ini semakin menarik untuk dikunjungi, wisata ini biasanya ramai pengunjung pada hari weekend dan tanggal merah. 

Kebun teh kertosari buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00, wisatawan yang ingin camping atau mengadakan pertemuan di area kebun teh ini bisa melakukan booking terlebih dahalu untuk kenyamanan bersama. Cara booking tempat di area wisata ini cukup mudah, pengunjung cukup menghubungi contact person yang tertera di official account Instagram @kebun_teh_kertosari dengan menyampaikan maksud dan tujuan atau melakukan booking secara langsung dengan menemui pengurus wisata.

Jika wisatawan ingin menikmati sisi lain keindahan kota Banjarnegara, penulis merekomendasikan kebun teh kertosari sebagai alternatif wisata. Tanpa merogoh kocek terlalu dalam pengunjung sudah bisa menikmati keindahan hamparan perkebunan teh yang sangat cocok untuk menenangkan diri dan pikiran. Selain itu para pengunjung dapat bersantai di Warkop Gedung Tua yang berada di area perkebunan dan jika beruntung pengunjung dapat melihat kegiatan petani yang sedang memanen teh.

VIDEO PILIHAN