Mohon tunggu...
Damar Agung
Damar Agung Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN UPI

Saya ingin bisa berbagi kebagikan dengan orang lain di sekitar saya.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN-T UPI (Desa Berjejaring) di Desa Cijengkol Kabupaten Sukabumi

9 Agustus 2022   11:40 Diperbarui: 9 Agustus 2022   18:18 57 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto bersama antara mahasiswa UPI, Kepala Desa beserta jajaran masyarakat Desa Cijengkol (Dokpri)

            Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa akhir Semester 6 yang berlangsung selama libur semester genap, mahasiswa dibebaskan untuk memilih lokasi KKN sesuai dengan Tema SDG's yang dibagikan kepada setiap kelompok KKN agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Saya Damar bersama lima orang teman yang sama-sama berdomisili di Kab. Sukabumi memilih Desa Cijengkol sebagai Mitra KKN dikarenakan tema kami adalah Desa Berjejaring dan Desa Cijengkol telah dinobatkan sebagai ikon Desa Digital Sukabumi sehingga telah sesuai dengan sasaran kebutuhan tema SDG's kelompok kami. Adapun tema SDG's Desa Berjejaring memiliki 10 indikator yang dapat dijadikan program kerja, di antara 10 indikator tersebut kelompok KKN Tematik kami memutuskan untuk mengembangkan indikator ketiga yaitu "Pengembangan jejaring kelembagaan Desa/Kelurahan dan lembaga sosial masyarakat peduli kesehatan, lingkungan desa/kelurahan".

Kegiatan KKN berlangsung sejak tanggal 10 Juli hingga 10 Agustus 2022, selama rentang waktu tersebut kami tidak dapat menjangkau seluruh masyarakat di Desa Cijengkol karena terbatas oleh waktu dan kesanggupan anggota kelompok yang berjumlah 6 orang. Sehingga menjelang akhir KKN pada tanggal 7 Agustus 2022, kami mengadakan Program Kerja Gerak Jalan Santai bersama Ibu-ibu PKK & Kader Posyandu Desa Cijengkol.

pertemuan dengan Ibu-ibu PKK & Kader Posyandu Desa Cijengkol (Dokpri)
pertemuan dengan Ibu-ibu PKK & Kader Posyandu Desa Cijengkol (Dokpri)

Kegiatan dimulai dari pukul 07.00 WIB di kantor Desa Cijengkol sebagai titik keberangkatan sekaligus mengisi presensi kehadiran yang dihadiri oleh Ibu-ibu PKK & Kader Posyandu dari lima kedusunan yang ada di Desa Cijengkol, Gerak Jalan Santai ini dibagi ke dalam 6 kelompok dengan jumlah 6 orang dalam setiap anggota kelompoknya. 

Keberangkatan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dengan pengguntingan Pita yang diwakili Oleh Bapak Anshor selaku Sekretaris Desa Cijengkol. Jarak tempuh perjalanan sekitar 4km dengan rute perjalanan mengelilingi Desa Cijengkol, dengan garis finish berada dilapang Paud Al-Hadi sekaligus juga tempat kediaman Bapak Anshor. 

Selama perjalanan peserta diharuskan membawa kantong plastik untuk memungut sampah selama rute perjalanan sebagai bentuk peduli lingkungan dan kesehatan, sampah yang terkumpul mencapai berat 11kg.

Pengguntingan Pita oleh Bapak Anshor sebagai bentuk dimulainya Gerak Jalan Santai (Dokpri)
Pengguntingan Pita oleh Bapak Anshor sebagai bentuk dimulainya Gerak Jalan Santai (Dokpri)

Kegiatan dilanjutkan dengan mengadakan Fun Games, tetapi sebelum itu setiap kelompok peserta Gerak Jalan Santai melakukan lomba yel-yel. ada yang unik dari perlombaan yel-yel kelompok ini, setiap kelompok menampilkan kekompakannya masing masing, ada yang bernyayi, sholawat bahkan melantunkan ayat suci Al-Quran dengan merdu. 

Pada saat fun games dilaksanakan, antusias dari Ibu-ibu PKK & Kader Posyandu Desa Cijengkol ini sangat hebat, bahkan banyak warga sekitar yang turut datang menyaksikan kehebohan acara ini. Terakhir sebagai bentuk penutupan dari Pihak bu-ibu PKK & Kader Posyandu Desa Cijengkol mengadakan botram atau makan bersama yang telah di sediakan.

Fun Games bersama antara mahasiswa UPI dengan Ibu-ibu PKK & Kader Posyandu Desa Cijengkol (Dokpri)
Fun Games bersama antara mahasiswa UPI dengan Ibu-ibu PKK & Kader Posyandu Desa Cijengkol (Dokpri)

Kegiatan Gerak Jalan Santai ini adalah sebagai bentuk mahasiswa KKN TEMATIK UPI untuk menjalin tali silaturahim bersama masyarakat Desa Cijengkol serta bentuk peduli lingkungan dan kesehatan yang terlaksana dengan cukup baik. Kegiatan ini sebetulnya di rencanakan hanya selang beberapa hari sebelumnya yakni pada hari Rabu tanggal 3 Agustus 2022, lika liku persiapan acara tentu saja tidak dapat dilewatkan begitu saja, tentunya tantangan tersebut dapat dilewati dengan kekompokan mahasiswa, perangkat desa, dan Ibu-ibu PKK serta Kader Posyandu Desa Cijengkol. 

kami sangat senang karena mendapatkan banyak pengalaman selama kurang lebih 1 bulan melaksanakan KKN Tematik di Desa Cijengkol Sukabumi. Sya Damar mewakili teman teman kelompok KKN mengucapkan terima kasih kepada Bapak Haer Suhermansyah selaku Kepala Desa Cijengkol dan seluruh perangkat desa serta masyarakat Desa Cijengkol karena telah menerima kami mahasiswa KKN Universitas Pendidikan Indonesia untuk dapat melaksanan pengabdian di Desa Cijengkol.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan