Mohon tunggu...
Damanhuri Ahmad
Damanhuri Ahmad Mohon Tunggu... Penulis - Bekerja dan beramal

Ada sebuah kutipan yang terkenal dari Yus Arianto dalam bukunya yang berjudul Jurnalis Berkisah. “Jurnalis, bila melakukan pekerjaan dengan semestinya, memanglah penjaga gerbang kebenaran, moralitas, dan suara hati dunia,”. Kutipan tersebut benar-benar menggambarkan bagaimana seharusnya idealisme seorang jurnalis dalam mengamati dan mencatat. Lantas masih adakah seorang jurnalis dengan idealisme demikian?

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Hari Buku Nasional: Soal Rajin Membaca dan Menulis, Saya Belajar dari Gus Dur

17 Mei 2022   17:06 Diperbarui: 17 Mei 2022   17:09 80 17 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sebuah buku karya Arsul Sani. Bukunya ringan dibaca. Dihadiahkan sewaktu ikut dalam peluncurannya. (foto dok damanhuri)

Memaknai Hari Buku Nasional yang jatuh setiap tanggal 17 Mei, saya ingin seperti KH. Abdurrahman Wahid. Tokoh hebat yang mampu menyatukan hobi membaca dengan menulis buku.

Gus Dur, begitu bapak bangsa dari trah NU yang pernah jadi Presiden ini disapa banyak orang, adalah satu dari sekian banyak tokoh yang membuat saya terinspirasi soal membaca dan menulis.

Tak heran, di pustaka pribadi saya ada banyak buku tentang Gus Dur. Ketika saya sering dan suka beli buku di Gramedia, tampak buku soal Gus Dur, tanpa membaca sinopsisnya, saya langsung beli.

Dari hobi membaca, ilmu kepenulisan saya pun terasa meningkat dan terus ingin menulis.

Semakin banyak saya membaca buku, semakin banyak pula karya tulis yang saya lahirkan. Namun, yang berbentuk buku belum seberapa.

Ada beberapa buku yang saya coba tulis, baik secara sendiri maupun dengan berkolaborasi dengan kawan wartawan.

Buku, hingga saat ini, di tengah memenuhinya digitalisasi, agaknya masih sebuah kebutuhan akan ilmu pengetahuan.

Jendela dunia, dan membuat kesehatan mata terpelihara dengan baik. Hanya saja, dua tahun terakhir saya jarang beli buku. Mungkin karena uang semakin berkurang pula, sehingga terasa berat untuk melangkah ke Gramedia.

Alhamdulillah, koleksi buku dari berbagai disiplin ilmu ada sekitar 1.000 an. Semuanya, banyak yang dibeli, ada pula dikasih teman, pembagian dalam kegiatan dan tentunya juga ada buku yang ditulis sendiri. 

Saya banyak belajar dari buku. Terutama ilmu kepenulisan. Kalaupun ada ikut pelatihan dan sekolah jurnalistik, presentasenya lebih banyak belajar secara otodidak, lewat buku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan