Mohon tunggu...
Dahlia Silitonga
Dahlia Silitonga Mohon Tunggu... Guru - Senang belajar dan menulis

Anak pertama dari 4 bersaudara, sayang keluarga, senang jalan jalan, menulis dan bernyanyi.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Mengenal Copywriting

19 Maret 2024   21:16 Diperbarui: 19 Maret 2024   21:26 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Tak semua orang tahu copywriting. Saya termasuk orang awam yang tak mengenal copywriting. Saya baru tahu copywriting ketika tak sengaja membaca tulisan copywriting dari media sosial Instagram. Karena rasa ingin tahu, saya ikut mendaftar acara workshop copywriting sebanyak dua kali pertemuan di Jakarta Selatan.

Sebelum ikut workshop, saya mencari pengertian copywriting dari mesin pencari google. Hasil penelusuran yang saya temukan copywriting itu berupa tulisan menarik yang digunakan untuk berjualan produk. Semakin penasaran ingin berkenalan dengan copywriting, saya pun mengikuti workshop hari pertama pada minggu ini.

Workshop copywriting diajarkan oleh kak Fauzan, alumni Edinburg University. Peserta cukup banyak dan didominasi kalangan anak muda. Kak Fauzan menjelaskan konsep copywriting yang tak sekadar berupa rumus atau formula Matematika. 

Pembelajaran copywriting dimulai dengan menentukan funnel (tahapan) kemudian masalah, media dan copywriting. Prinsip copywriting harus sesuai dengan kebutuhan di masing-masing tahapan. Kak Fauzan memberikan contoh copywriting produk menggunakan visualisasi gambar presentasi. Bahasa-bahasa marketing terlihat begitu menggoda dan menjual.

Kami diberikan kesempatan berdiskusi berkelompok, bertanya dan berpikir secara nalar. Aku sekelompok dengan mahasiswa Esa Ungggul. Kami mulai menyusun konsep copywriting mengenai media pembelajaran online myskill. Namun, terlebih dahulu kak Fauzan memberikan format tabel yang akan kami kerjakan.

Akhirnya kelompokku berhasil menyelesaikan tugas kelompok copywriting. Aku bersyukur sekelompok dengan teman-teman mahasiswa, pemikiran copywriting mereka amat cemerlang dan sarat dengan ide.

Semoga minggu depan, aku bisa mengikuti workshop copywriting yang dikemas dalam bentuk story telling.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun