Mohon tunggu...
Daffa Satria
Daffa Satria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang mahasiswa yang sedang belajar menulis

I wanna be music for you, the people who can healing you.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Insecure Berujung Penyesalan

29 September 2021   03:34 Diperbarui: 29 September 2021   03:41 37 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Insecure Berujung Penyesalan
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini, banyak orang yang merasa bahwa dirinya insecure terhadap sesuatu. Insecure adalah perasaan tidak nyaman terhadap sesuatu. 

Terkadang di jaman sekarang banyak juga anak muda yang mengartikan kalau insecure itu adalah rasa tidak percaya diri. Seperti contoh ketika kita melihat teman kita lebih pintar, kita merasa bahwa kita adalah orang yang paling bodoh, yang pada akhirnya kita tidak memiliki semangat untuk melakukan sesuatu. 

Hal tersebut dapat membuat kita menyesal di kemudian hari. Kita sebagai manusia pasti memiliki kelemahan, bukan berarti kita adalah orang yang lemah, kita juga memiliki kelebihan yang harus kita banggakan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kita memiliki perasaan insecure.

  1. Kita selalu melihat orang yang lebih hebat dari kita
    Seperti contoh yang saya berikan sebelumnya, bahwa kita selalu merasa kalau mereka itu lebih hebat daripada kita, padahal kita hanya belum mengetahui kemampuan apa yang kita miliki dan harus kita banggakan

  2. Kita selalu bertemu orang yang lebih kaya dari kita
    Kaya yang saya maksud disini adalah orang yang memiliki perekonomian yang bagus dibandingkan dengan kita. Seperti contoh mereka yang memiliki pakaian yang bagus, kendaraan mewah, barang-barang mahal, yang dimana itu membuat kita insecure, meskipun kita adalah orang yang pintar sekalipun.

  3. Omongan dari orang lain
    Omongan dari orang lain juga bisa menyebabkan kita insecure, bisa dibilang seperti cacian, bullyan, atau hinaan, atau komentar apapun yang sifatnya merendahkan.

Cara menghindari perasaan insecure :

Mencintai diri sendiri
Mencintai diri sendiri dapat membuat kita selalu merasa  bahwa kita adalah orang yang istimewa. Berbicara kepada diri sendiri merupakan salah satu contoh kecilnya, dalam artian berbicara kepada diri sendiri kalau kita adalah orang yang spesial dan berharga.

Berteman dengan orang yang membuat kita percaya diri
Maksud saya disini adalah berteman dengan orang yang memiliki energi positif untuk diri kita yang membuat kita menjadi percaya diri, berteman dengan orang yang selalu mendukung kita untuk menjadi orang yang lebih baik

Mendengarkan lagu yang membangun
Adalah jalan kedua ketika kita mungkin tidak memiliki banyak teman, atau mungkin posisi kita sedang berjauhan dengan teman, mendengarkan lagu yang membangun adalah solusinya. 

Karena lagu ibaratkan pesan yang disampaikan dari penyanyi kepada kita. Jika kita mendengarkan lagu yang membuat akan menghilangkan rasa insecure terhadap diri kita, maka kita akan terhindar dari rasa insecure

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan